Analisis Perbandingan Pengaruh Penggunaan Software Simulator Jaringan Berbasis Cisco Packet Tracer Dan Graphical Network Simulator Dalam Pengembangan Jaringan Enterprise


Nur Asri Ainun Gani(1*); Ramdan Satra(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam era modernisasi seperti saat ini terutama di dunia teknologi dan informasi kebutuhan pengolahan data dalam sebuah organisasi dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi pada hardware apabila terjadi kesalahan dalam pengujian secara langsung, maka konsep perancangan jaringan dilakukan dalam aplikasi simulasi jaringan. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dua aplikasi simulasi jaringan dengan melakukan perbandingan dari kedua aplikasi simulasi jaringan tersebut, untuk mengetahui pemanfaatan fitur-fitur, kebutuhan spesifikasi hardware dan software. Kemudian simulasi tersebut dapat diterapkan langsung dengan membangun rancangan fisiknya. Setelah melakukan proses tanya jawab dengan membagikan kuisioner yang ditujukan khusus untuk pengguna yang ada dalam bidang jaringan dengan memberi pendapat mereka dari pengalaman pandangan mereka menggunakan kedua aplikasi simulator tersebut yang akan dituang dalam table. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi Cisco Packet Tracer lebih mudah dipahami dan digunakan. Dan aplikasi Graphical Network Simulator memiliki lebih banyak fitur hasil tingkat keyakinan dari keseluruhan adalah 4,08.

Keywords


Cisco Packet Tracer; Graphical Network Simulator; Enterprise

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 248 times
PDF view: 1361 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i4.1021
  

Cite

References


A. Putra, Analisa Perancangan Jaringan Local Area Network Dan Gateway Internet Pada Mts N Sentajo Raya Menggunakan Cisco Packet Tracer, Vol. Iii, No. 2, Pp. 346-354, 2020.

S. Indrayani, E. And T. , Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Software Simulation Jaringan Gns3 Dan Packet Tracer Dalam Mengatasi Keterbatasan Alat Pada Kompetensi Wide Area Network (Wan) Di Jurusan Tkj Smk Negeri 1 Lembah Melintang, Vol. Vi, No. 1, Pp. 148-155, 2018.

D. Purnawan And F. Astutik, Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa, Vol. Iii, No. 2, Pp. 21-31, 2018.

M. H. Fareka, "Objek Dan Metode Penelitian," 2017. [Online]. Available: Http://Repository.Upi.Edu/34594/6/S_Pek_1306478_Chapter3.Pdf. [Accessed 1 Januari 2021].

M. Rahayu, "Aplikasi Cisco Packet Tracker Sebagai Media Pembelajaran Dasar Jaringan Komputer Dalam Konteks Blended Learning," 2014. [Online]. Available: Http://Repository.Upi.Edu/16196/9/S_Te_1000481_Chapter3.Pdf. [Accessed 19 Februari 2021].

R. Berthanila, S. R. Yulianti And I. A. Firdausi, Kemampuan Pegawai Terhadapa Profesionalisme Pelayanan Publik, Vol. 8, No. 1, Pp. 95-116, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.