Ensiklopedia Makanan Tradisional Wakatobi Berbasis Mobile


WD. Hikmatun Nazila(1*); Irawati Irawati(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kurangnya pengetahuan generasi milenial akan makanan tradisional khususnya di daerah mereka sendiri sangatlah memprihatinkan mengingat mereka adalah generasi yang seharusnya dapat menjaga dan melestarikan warisan leluhurnya. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan yang didapatkan dari orang-orang tua terdahulu serta kurangnya minat yang disebabkan oleh ketertarikan terhadap makanan modern lebih tinggi selain rasanya yang enak, tampilan yang lebih menarik juga gengsi yang didapatkan. Inilah yang membuat makanan tradisional tersisihkan dan kalah bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi ensiklopedia makanan tradisional Wakatobi yang mencangkup dua kategori yaitu makanan dan jajanan dilengkapi asal usul dari makanan, bahan baku, cara pembuatannya, hingga cara penyajiannya. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% orang setuju bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan sangatlah membantu khususnya untuk masyarakat yang masih minim pengetahuannya tentang makanan tradisional di daerah Wakatobi. Selain itu, dengan adanya aplikasi ensiklopedia ini akan menjaga eksistensi makanan tradisional Wakatobi.

Keywords


Ensiklpedia; Makanan_tradisional; Software Development Life; Kuliner Wakatobi

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 252 times
PDF view: 94 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i3.1232
  

Cite

References


S. Sudirman, M. Masnur, and S. Yasin, “Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Makanan Tradisional Bugis Beserta Cara Pembuatannya Berbasis Android,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 62–65, 2021.

N. Shelita, “Pengembangan Media Ensiklopedia Informatif Bernuansa Pemahaman Konsp pada mata Pelajaran Biologi Peserta Didik kelas X di tingkat SMA/MA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

A. A. G. B. Putra, K. Q. Fredlina, I. P. Satwika, and A. A. A. P. Ardiyanti, “Model Aplikasi Ensiklopedia Kuliner Tradisional Bali Berbasis Mobile Geographical Information System,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 95–106, 2020.

A. Dahlan, Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC, no. October. 2017.

M. A. Asis, Purnawansyah, and A. R. Manga, “Penerapan System Development Life Cycle pada Sistem Validasi Metode Analisis Sediaan Farmasi,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 3, pp. 145–149, 2020.

D. Zaliluddin, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Newbiestore ),” INFOTECH journa, vol. 4, no. 1, pp. 24–27, 1861.

A. Madiki, T. Tamrin, L. O. Nafiu, L. O. Alifariki, and M. Abadi, “Pengembangan pangan lokal untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan dan pariwisata Wakatobi: Pelatihan pembuatan ‘Kasoami Instan,’” Dedikasi, vol. 21, no. 2, pp. 89–92, 2019, doi: 10.26858/dedikasi.v21i2.11470.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.