Analisis Pengguna Facebook Terhadap Objek Wisata Di Maluku Tengah Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor


Novi Yanti Sangaji(1*); Herman Herman(2); Ihwana As'ad(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pemerintah dinas parawisata kabupaten Maluku Tengah berupaya untuk mengembangkan dan memajukan wilayahnya dengan memanfaatkan wisata yang ada di wilayahnya, namun dalam upaya mengembangkan dan memajukan objek wisata terdapat problematika yang dihadapi pemerintah kabupaten Maluku Tengah di antaranya yaitu implementasi kebijakan pengembangan objek wisata yang masih belum optimal, tanggapan dan komentar dari pengunjung wisata tentu sangat diperlukan untuk pengembangan objek wisata, dengan adanya feedback dari pengunjung diharapkan dapat mempermudah pemerintah kabupaten Maluku Tengah untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan dalam pengembangan objek wisata yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sentiment analisis pada data komentar dengan menggunakan metode K-NN, data komentar yang digunakan yaitu komentar dari pengunjung wisata di Maluku Tengah pada facebook terhadap objek wisata yang ada di Maluku Tengah. Teknik klasifikasi yang digunakan yaitu dengan menggunakan pengukuran performa (accuracy, precision, dan recall) menggunakan K-nearest neighbor. Imputan yang digunakan yaitu dataset sentiment public yang mengandung positif dan negative. Dataset sentiment public yang digunakan megenai objek wisata di Maluku Tengah berjumlah 1000. Berdasarkan hasil pengujian performa maka didapatkan hasil accuracy 50% precision 56%, recall 50%, f-measure 34%.

Keywords


Wisata; K-NN; Klasifikasi; Accuracy; Precision; Recall.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 203 times
PDF view: 89 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i3.1329
  

Cite

References


A. M. Ferdinandus and I. A. Suryasih, "Studi Pengembangan Wisata Bahari Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Natsepa Kota Ambon Provinsi Maluku," Jurnal Destinasi Pariwisata, vol. II, no. 2, pp. 1-14, 2014.

A. Imron, "Analisis Sentimen Terhadap Tempat Wisata di Kabupaten Rembang Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier," pp. 10-13, 2019.

Z. U. Siregar, R. R. A. Siregar and R. Arianto, "Klasifikasi Sentiment Analysis Pada Komentar Peserta Diklat Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor," Jurnal KILAT, vol. VIII, no. 1, pp. 81-92, 2019.

S. Saidah and J. Mayary, "Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Dompet Elektronik Dengan Metode Lexicon Based Dan K – Nearest Neighbor," Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. XXV, no. 1, pp. 1-17, 2020.

W. Yustanti, "Algoritma K-Nearest Neighbouruntuk Memprediksi Harga Jual Tanah," JMSK, vol. IX, no. 1, pp. 57-68, 2012.

R. R. Sani, J. Zeniarja and A. Luthfiarta, "Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor pada Information Retrieval dalam Penentuan Topik Referensi Tugas Akhir," Journal of Applied Intelligent System, vol. I, no. 2, pp. 123-133, 2016.

M. M. Baharuddin, T. Hasanuddin and H. Azis, "Analisis Performa Metode K-Nearest Neighbor Untuk Identifikasi Jenis Kaca," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. XI, no. 3, pp. 269-274, 2019.

M. S. Lydia, "Sistem Analisis Sentimen pada Fanpage Facebook Kandidat Presiden 2019-2024," 2020.

L. B. Ilmawan, "Membangun Web Crawler Berbasis Web Service Untuk Data Crawling Pada Website Google Play Store," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. X, no. 2, pp. 215-224, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.