Analisis Perbandingan Known Plaintext dan Chosen Plaintext Pada Metode Hill Chiper


Abdul Rauf Tuasikal(1*); Dolly Indra(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Hill Cipher yang merupakan polyalphabetic cipher dapat dikategorikan sebagai block cipher karena teks yang akan diproses akan dibagi menjadi blok-blok dengan ukuran tertentu. Setiap karakter dalam satu blok akan saling mempengaruhi karakter lainnya dalam proses enkripsi dan dekripsinya, sehingga karakter yang sama tidak dipetakan menjadi karakter yang sama pula. Hill Cipher merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci simetris. Algoritma Hill Cipher menggunakan matriks berukuran m x m sebagai kunci untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dasar teori matriks yang digunakan dalam Hill Cipher antara lain adalah perkalian antar matriks dan melakukan invers pada matriks. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan proses kriptanalisis atau membongkar suatu cipherteks tanpa mengetahui kunci pada metode Hill Cipher . Hasil pengujian yang dilakukan kriptanalisis pada algoritma Hill Cipher dengan melakukan known plaintext dan chosen plaintext untuk mencari kunci. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari dua perbandingan tersebut cukup baik dalam mencari kunci, dan tingkat akurasi dalam mencari kunci tergantung menggunakan ordo yang gunakan.

Keywords


Hill Cipher; Kriptanalisis; Known Plaintext; Chosen Plaintext

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 664 times
PDF view: 827 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.514
  

Cite

References


E. H. Nurkifli and D. Wahidin, Analisis Cryptanalys Exhaustive Search Dan Statistical Attack Pada Algoritma Playfair Cipher, SYNTAX: Jurnal Informatika, 2015.

A. H. Hasugian, Implementasi Algoritma Hill Cipher, Pelita Informatika, 2013.

W. Y. Azhar, Supriyadi, and Y. Yanitasari, Kriptanalisis Hill Cipher Terhadap Known Plaintext Attack Menggunakan Metode Determinan Matriks Berbasis Android, Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, vol. 8, no.2, 2017.

T. A. Tsauri and Norchman, Kriptanalisis Algoritma Vigenere Chiper dengan Algoritma Genetika untuk Penentuan Kata Kunci, Jurnal Informatika Sunan Kalijaga, vol. 2, no.2, pp. 115-126, 2017.

B. S. Hasugian, Peranan Kriptografi sebagai Keamanan Sistem Informasi pada Usaha Kecil dan Menengah, Jurnal Warta Edisi, 2017.

E. R. Agustina and A. Kurniati, Pemanfaatan Kriptografi dalam Mewujudkan Keamanan Informasi pada e-Voting di Indonesia, Seminar Nasional Informatika, semnasIF 2009, pp. 22-28, 2009.

H. R. C. Bawono, Kriptanalis pada Algoritma Cipher Vigenere, Universitas Sanata Dharma, 2015.

A. Hidayat and T. Alawiyah, Enkripsi dan Dekripsi Teks menggunakan Algoritma Hill Cipher dengan Kunci Matriks Persegi Panjang, Jurnal Matematika Integratif, vol. 9, no. 1, pp 39-52, 2016.

A. N. Agustina, Aryanti, and Nasron, Pengamanan Dokumen menggunakan Metode Rsa (Rivest Shamir Adleman) berbasis Web, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers, Pp. 14-19, 2017.

R. A. Megantara and F. A. Rafrastara, Super Enkripsi Teks Kriptografi Menggunakan Algoritma Hill Cipher dan Transposisi Kolom, Prosiding SENDI, Pp. 85-92, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)