Simulasi Jaringan Lokal Menggunakan Sistem Kerja The Dude


Muhammad Jalil(1*); Yulita Salim(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem monitoring telah banyak digunakan di bidang teknologi informasi untuk mempermudah proses perolehan informasi dengan cepat, tepat dan mudah. Pada saat ini sistem monitoring masih memanfaatkan sistem manual dan menggunakan informasi seadanya dari server, sehingga pengawasan kecepatan trafik dan pantauan penggunaan bandwith pada Client yang berjalan tidak bisa dikontrol ataupun direkam pada server karena tidak ada monitoring. Kecepatan akses yang lambat dan cenderung tidak stabil, maka dilakukan upaya penyempurnaan untuk mengatur pemeliharaan. Bahkan jika terjadi masalah jaringan, informasi yang diperoleh kurang optimal sehingga tidak bisa diperbaiki dengan cepat. Berdasarkan keadaan tersebut maka dibutuhkan simulasi jaringan menggunakan sistem kerja The Dude yang berfungsi untuk mendeteksi terjadinya masalah jaringan. The Dude merupakan sistem monitoring dari mikrotik yang dapat mengatur jaringan komputer, dan membantu dalam mengolah dan mengetahui kondisi jaringan serta mengirimkan notifikasi status Up dan Down melalui aplikasi Telegram untuk mengetahui kondisi peralatan real time. Berdasarkan hasil yang diperoleh simulasi jaringan lokal menggunakan sistem kerja The Dude, sistem ini dapat mendeteksi permasalahan jaringan, mengetahui kondisi jaringan serta dapat mengirimkan notifikasi status Up dan Down melalui Telegram untuk mengetahui kondisi perangkat tanpa secara real time. Hasil pengujian perhitungan delay pada Telegram antara 1 hingga 60 detik, sedangkan untuk informasi status sistem “Down” berkisar pada 1 hingga 2 menit. Pada penelitian ini masih menggunakan topologi yang sangat sederhana, sehingga perlu dikembangkan topologi lain dan kompleks untuk penelitian selanjutnya.


Keywords


The Dude; Simulasi; Mikrotik; Telegram

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 835 times
PDF view: 1293 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.515
  

Cite

References


S. Iwan, Cisco CCNA dan Jaringan Komputer, Bandung: Informatika Bandung, pp. 244-248, 2010.

S. Iwan, Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik, Bandung: Pasca Sarjana Teknik Informatika Universitas Langlangbuana, 2017.

Sinaga, Dumpo. Evolusi Komputer, Kinerja Komputer Dan Interconnection Network Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Informatika, JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, Vol. 2 No.2, 2015.

Rahadjeng, I. R., R. Ritapuspitasari, Analisis Jaringan Local Area Network (Lan) Pada PT. Mustika Ratu Tbk Jakarta Timur, Prosisko: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, Vol.5 No.1, 2018.

S, Mohd, Implementasi Mikrotik Router Board 750 Sebagai Firewall Blok Situs Pada Jaringan Lan. Jurteksi royal, Vol 3 No 2, 2017.

D. Sharon, S. Sapri, and R. Supardi, Membangun Jaringan Wireless Local Area Network (Wlan) Pada Cv.Biq Bengkulu, jmi, vol. 10, no. 1, Feb. 2014.

Jahanzaib, Syed, Network Management: Dude Network Monitoring And Management System, 23 Desember 2011. [Online]. Available: http://aacable.wordpress.com/monitoring-network-with-the-dude-pc-x86-or-mikrotik-npk-ver/. [Accessed November 21, 2019].

Idrus, Ali. "Sistem Monitoring Jaringan PT. Exhibition Network Indonesia DenganThe Dude Berbasis Mikrotik," Informatics for Educators and Professionals, vol. 1, no. 1, 2016.

S. Sutarti. A, Alif., Analisis Dan Implementasi Sistem Monitoring Koneksi Internet Menggunakan The Dude Di Stikom Al Khairiyah, JSiI (Jurnal Sistem Informasi), Vol. 4, 2017.

Mikrotik, Membuat Jaringan, [Online].Available:mikrotik.id, http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=5.[Accessed November 21, 2019].

Wulandari, Rika. "Analisis Qos (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : Upt Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon Lipi)." Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, 2016.

H. Aprilianto, R. Soraya, R. Arnie. ,Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Modem Menggunakan Metode AHP, Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, vol. 10, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)