Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android


Fatimah Syarifuddin(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Irawati Irawati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Salah satu materi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang wajib dipelajari siswa SD kelas 5 adalah organ tubuh manusia, yaitu sistem pernapasan, sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Dalam proses pembelajaran organ tubuh manusia ini, pada umumnya belum memanfaatkan sistem informasi sebagai media pembelajarannya, hingga saat ini masih banyak metode pembelajaran menggunakan buku bergambar 2D yang tidak dapat menunjukkan bentuk real (nyata) seperti aslinya (3 dimensi), sehingga kurang menarik untuk dipelajari. Penulis membangun aplikasi augmented reality media pembelajaran organ tubuh manusia berbasis android dengan marker flash card yang menarik. Aplikasi ini menampilkan objek organ tubuh manusia dalam bentuk 3D, serta disimulasikan cara kinerja sistem organ tubuh manusia dalam bentuk video, dengan demikian organ tubuh manusia serta cara kinerjanya dapat tergambar secara keseluruhan yang bekerja sesuai cara kerja yang terjadi (secara nyata). Aplikasi ini menggunakan pengujian secara black box, didapatkan bahwa video maupun objek 3D organ tubuh manusia pada kamera augmented reality akan tampil dengan baik pada jarak 15 cm antara kamera dan marker, dengan kriteria pencahayaan yang terang ataupun redup, baik pada sudut kemiringan kamera 0º maupun 80º

Keywords


Media Pembelajaran; Augmented Reality; Flash Card; Sistem Organ Tubuh Manusia; Android

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1431 times
PDF view: 848 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.518
  

Cite

References


T. Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Askara, 2010.

W. Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005.

S. Siswanto, Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Alat Peraga Organ Tubuh Manusia (TORSO) Pada Siswa Kelas V SDN Manggisan 01 Tanggul Kabupaten Jember, Pancaran, vol. 4, no. 1, 2015.

A. Vinta, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Yogyakarta: Universitas Negeri Perdana, 2007.

M. Yuzti, Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia pada Smartphone Android, 2012.

W. E. Kunto, Implementasi Aplikasi Augmented Reality sebagai Alat Peraga dalam Pelajaran Fisika Materi Tata Surya, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

A. Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2002.

F. W. Nugroho, Markerless Augmented Reality sebagai Media Promosi dengan Platform Android, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2013.

S. Sugianto, Implementasi Augmented Reality pada Brosur Rental Mobil CV Asmoro Jati Menggunakan Metode Marker, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2014.

H, Hendratman, The Magic of 3D Studio Max, Bandung: Informatika, 2014

A. I. H. Bisry, Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Pendaftaran Santri Berbasis Web dengan menggunakan PHP dan MYSQL, Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 6 no. 1, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)