Rancang Bangun Aplikasi Pasar Online di Kota Makassar berbasis Mobile (Smart Market) Menggunakan Metode Location Based Service (LBS)


Muammar Alam Sudmar(1*); Tasrif Hasanuddin(2); Mardiyyah Hasnawi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pasar merupakan salah satu dari berbagai sistem, organisasi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, salah satu jenis pasar yang sering ditemukan adalah pasar tradisional yang dijual dan pembeli dapat saling menawar harga barang yang dijual langsung. Pedagang pasar tradisional mengatasi kesulitan mendapatkan efisiensi dan keluasan pasar serta menghemat waktu dan biaya karena transaksi hanya dilakukan di lingkungan pasar itu sendiri.Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan aplikasi pasar online di Kota Makassar yang dapat menjadi solusi bagi pengguna untuk pembelian dan penjualan bahan makanan nabati dan hewani berbasis mobile (Smart Market) menggunakan metode LBS ( Layanan Berbasis Lokasi ) yang dapat menawarkan akses ke pasar dengan pembeli , Analisis yang digunakan adalah Unified Modeling Languange (UML) dan metode pengujiannya dengan menggunakan metode Black Box Testing.Hasil dari penelitian yang dilakukan dari segi penjual, dapat mendukung produk jualannya secara online dan dari segi pembeli sebagai sarana pencarian pasar terdekat serta melakukan transaksi pembelian secara online .


Keywords


Android, LBS, Unified Modeling Languange (UML), Smart Market, Blackbox testing, Mobile.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 376 times
PDF view: 187 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i3.605
  

Cite

References


Fitriani, Sutarni, B. Unteawati, and D. K. Widyawati, Polinela Smart Market-Place untuk Penguatan Jejaring Kluster Rantai Pasok dan Bisnis Berkelanjutan Polinela Smart Market-Place for Streghthen Sustainable Supply Chain Network, Pros. Semin. Nas. Pengemb. Teknol. Pertan. IPTEKS, no. November, pp. 110, 2019.

Hilmawan, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif, Sci. J. Informatics, vol. 1, 2014.

U. Hasanah, N. Safriadi, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, and U. Tanjungpura, Location Based Service Lokasi Masjid Pontianak Menggunakan, pp. 16, 2014.

Z. B. Prastyo, Pengembangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Menggunakan Location Based Services (LBS) Di Dinas Pekerjaan Umum Untuk Smart City Malang, Jati, vol. 1, no. 1, pp. 928935, 2017.

I. Arfiani and D. Normawati, Penerapan Haversine Formula Pada Server Aplikasi Location Based Service Untuk Pencarian, no. 1, pp. 712, 2018.

The development of Tourism Social Media with Location Based Service for the Android Based Mobile Device ., vol. 2, pp. 114, 2013.

L. N. Hayati, Sistem Monitoring Karyawan Dengan Metode Lbs ( Location Based Service ) Berbasis Android, vol. 2, no. 1, pp. 6167, 2019.

Jumriya, Haeruddin, T. Medi, "Teknologi Location Based Service (LBS) Profil Universitas Mulawarman Berbasis Mobile," JURTI, vol.2, no.1, pp. 97-105, 2018.

B. Edy, Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Pengembangan Aplikasi Profil Kampus Universitas Mulawarman Berbasis Mobile, ILKOM, vol. 8, no. 3, pp. 137144, 2016.

S. N. Asep, Aplikasi Android Menggunakan Location Based Service (LBS) untuk Navigasu Tujuan Wisata Di Kabutpaten Garut, Jurnal Computech & Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 3039, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.