Perncangan Aplikasi Ujian Sertifikasi MTA Berbasis Web


Muhammad Fauzan Abdillah Rasyid(1*); Ramdan Satra(2); Herman Herman(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Saat ini Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia tengah mengadakan ujian sertifikasi kompetensi keahlian  yang bekerja sama dengan Microsoft. Dengan adanya kerjasama tersebut maka mahasiswa dapat mendapatkan sertifikat keahlian dengan mengikuti ujian sertifikasi. Namun saat ini ujian sertifikasi MTA masih berbayar sehingga mahasiswa kesulitan untuk melakukan latih uji soal dengan ujian sertifikasi dari Microsoft tersebut. Berangkat dari permasahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu adanya sebuah perangkat lunak sebagai wadah simulasi ujian sertifikasi dengan membuat aplikasi simulasi ujian sertifikasi MTA berbasis web guna untuk membantu mahasiswa dalam persiapan ujian sertifikasi. Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode Waterfall dan bentuk pengujiaannya menggunakan metode Blackbox Testing. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya sebuah aplikasi ujian simulasi sertifikasi MTA berbasis web yang dapat digunakan mahasiswa sebagai latihan ujian simulasi MTA dengan jenis soal yang hampir sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat memudahkan mahasiswa untuk melakukan persiapan dalam ujian sertifikasi

Keywords


Sertifikasi; Microsoft Technology Associate; Website

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 184 times
PDF view: 96 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i2.606
  

Cite

References


F. Sahrul, M. A. Safi’ie, O. Decroly, “Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel,” Jurnal Informasi dan Pengembangan Iptek, vol.12(1), pp. 1–4, Juni 2016.

J. C. Lumanau, D. S. Naga, D. Arisandi, “Pengembangan Program Aplikasi Simulasi Ujian Berbasis Website pada SMA Candra Naya,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 6, pp. 104-109, 2018.

R. Pakpahan, “Model Ujian Nasional Berbasis Komputer : Manfaat dan Tantangan,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol 1(1), pp. 19-35, April 2016.

M. F. Rifai, H. Jatnika, B. Valentino, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada SistemPrediksi Tingkat Kelulusan Peserta Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS),” Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, vol. 12, pp. 131-144, September 2019.

T. Akhriza, S. Arifin, A. Syaifulloh, “PKM Pengembangan Kurikulum Berbasis Sertifikasi Internasional Untuk SMK Kabupaten Malang,” Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 2(2), pp. 10-21, November 2018.

L. S. Marita, “Peluang Kerja Lulusan Teknologi Informasi,” Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, vol. 10 (1, Maret 2010.

A. Arifin, D. W. Widarti, “ PPUPIK Jasa Pendidikan dan Pelatihan Bidang Tekologi Informasi Serta Sertifikasi Internasional (Akademi MTA),” Jurnal Masyarakat Merdeka, vol. 2 (1), pp. 25-31, Mei 2019.

R. S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi,” Yogyakarta : Penerbit Andi, 2002.

Rosa, Shahaluddin, “Rekayasa Perangkat Lunak, ” Bandung : Penerbit Informatika, 2013.

S. Ade, Y. S. Zulaikhah, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 7 (1) pp. 13-21, Juni 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.