Rancang Bangun Aplikasi Wedding Planner Organizer di Kota Makassar Berbasis Android


Abdul Rahmat(1*); Harlinda Harlinda(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pernikahan merupakan suatu hal yang sangat sakral dalam perjalanan hidup seseorang, sehingga setiap orang menginginkan acara pernikahan berjalan dengan lancar. Wedding Planner Organizer (WPO) adalah jasa yang membantu dalam persiapan dan pelaksanaan acara pernikahan, Saat ini dalam merencanakan pernikahan, terkadang masalah yang muncul yaitu masih banyak yang bingung untuk mencari jasa Weding Organizer (WO) secara manual atau mendatangi satu persatu sehingga memerlukan waktu lebih lama dan sulit memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.Berdasarkan latar belakang diatas sehingga penulis melakukan penelitian dengan membangun aplikasi Wedding Planner Organizer (WPO) berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pencarian dan pemesanan kebutuhan pernikahan di Kota Makassar secara online melalui smpartphone yang dapat menjadi solusi bagi calon pengantin dan Vendor Wedding Organizer. Dengan adanya aplikasi Wedding Planner Organizer calon pengantin dapat mecari dan memesan kebutuhan pernikahan mulai dari gedung, dekorasi, catering, tatarias, dokumentasi, dan hiburan, Aplikasi dibuat berbasis Android dengan analisis yang digunakan adalah Unified Modeling Languange (UML) dan metode pengujiannya dengan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil dari penelitian ini dalam bentuk aplikasi Wedding Planner Organizer (WPO) berbasis Android yang dapat memudahkan masyarakat dalam pemesanan, persiapan dan pelaksanaan acara pernikahan serta dapat membantu para penyedia jasa WO (Wedding Organizer) mengiklankan jasa mereka.


Keywords


Android; Unified Modeling Languange (UML); Wedding Organizer; Blackbox testing

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 421 times
PDF view: 320 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i4.625
  

Cite

References


U. Ependi and N. Sopiah, Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar, Ilm. MATRIK, vol. 17 No 2, no. 3, pp. 109122, 2015.

I. T. M. Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado Oleh, e-journal Acta Diurna, vol. 6, no. 1, pp. 115, 2017.

Suharyanto., I. Najiyah, F. Yerisha, H. Ridwan, B. Priyambadha, and H. Nurwarsito, Pengembangan Aplikasi Katalog Wedding Organizer berbasis Android menggunakan Restful Web Service di Ruang Lingkup Kota Malang, J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 9, pp. 7986, 2019.

I. Ayu, P. Mahayani, D. Putu, O. Prasiasa, and A. P. Budi, Strategi Pemasaran Wedding Packages Di Prama, vol. 4, no. 2, pp. 127247, 2014.

R. S. Wijaya, Aplikasi Fairuz Wedding Organizer Berbasis Web Application, Rhesa Setya Wijaya, vol. 3, no. 3, pp. 15761582, 2017.

D. M. Kristin and Y. Lisanti, Desi Maya Kristin ; Yuliana Lisanti, Website, vol. 1, no. 4, pp. 112, 2011.

H. Ginanjar, Perancangan Aplikasi Wedding Organizer Berbasis Android, J. Algoritm., vol. Vol. 17 No, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.