Rancang Bangun Alat Jemur Pakaian Otomatis Menggunakan Microkontroler Arduino


Muh. Ridwan Rahim(1*); Dolly Indra(2); Erick Irawadi Alwi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kebutuhan akan teknologi semakin bertambah. Manusia cenderung menggunakan teknologi untuk menunjang kinerja dan kebutuhan. Perkembangan teknologi ini berimbas pada penggunaan alat bantu untuk menjadikan pekerjaan lebih ringan. Karena tuntutan pekerjaan yang semakin banyak dan desakan untuk lebih cepat dalam pengerjaannya maka teknologi menjadi solusi dalam menghadapi tuntutan tersebut. Umumnya masyarakat Indonesia memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan pakaian yang dicuci. Namun, saat kondisi cuaca tidak dapat diprediksi seperti yang terjadi pada masa pancaroba, menjemur pakaian menjadi pekerjaan yang sangat merepotkan. Dalam kondisi seperti ini, orang akan membuang waktu dan tenaga hanya untuk menjemur dan mengangkat pakaian berulang-ulang. Salah satu cara agar pakaian dapat dijemur dengan memanfaatkan sinar matahari yang ada secara optimal dan juga dapat menghemat waktu serta tenaga adalah dengan membuat alat penggerak jemuran yang dilengkapi dengan kontrol otomatis. Alat ini dirancang untuk bekerja secara otomatis mengeluarkan pakaian saat cuaca dalam kondisi cerah untuk dijemur, dan menarik masuk pakaian ke tempat yang perlindungan saat dalam kondisi hujan. Dengan demikian, sinar matahari yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjemur pakaian sehingga memungkinkan pakaian menjadi kering dengan baik, dan juga mengurangi tenaga maupun waktu untuk mengangkat jemuran saat hujan dan menjemurnya kembali ketika cuaca cerah yang dilakukan secara manual.

Keywords


Microsoft Technology Associate; Website

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 442 times
PDF view: 751 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i4.655
  

Cite

References


L. O. I. Chumaidi, Rancang Bangun Dan Monitoring Alat Jemur Pakaian Berbasis Web Menggunakan Metode Naive Bayes, semanTIK, vol. 4, no. 1, p. 10, 2018.

SITORUS, Jimmi Hendrik P., et al. Perancangan Pengontrol Lampu Rumah Miniatur Dengan Menggunakan Micro Controler Arduino Berbasis Android. Jurnal Bisantara Informatika, vol.4, pp. 11-11, 2020.

Yunas, R. P., & Pulungan, A. B, Sistem Kendali Suhu dan Kelembaban pada Proses Fermentasi Tempe. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 103-113, 2020.

Sasmoko, Dani, and Arie Mahendra. "Rancang bangun sistem pendeteksi kebakaran berbasis iot dan sms gateway menggunakan arduino." Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, vol 8.2 pp. 469-476, 2017.

R. L. Kahimpong, M. Umboh, and B. Maluegha, Rancang Bangun Penggerak Alat Jemur Pakaian Otomatis Berbasis Arduino Uno Atmega328, Jurnal Online Poros Teknik Mesin UNSRAT, vol. 6, pp. 6981, 2013.

Prayitno, A., dan Safitri, Y., "Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis" , Indonesian Journal on Software Engineering, vol (1).1, pp.2461?0690, 2015.

N. Marpaung, Perancangan Prototype Jemuran Pintar Berbasis Arduino Uno R3 Menggunakan Sensor Ldr Dan Sensor Air, RJOCS (Riau Journal of Computer Science), vol. 3, no. 2, pp. 7180, 2017.

Firmansyah, Dicky Herman, Nana Juhana, and Irfan Maliki. "Implementasi Algoritma Minimax Pada Permainan Tic-Tac-Toe Skala 9x9." Bandung, Skripsi, 2009.

F. A. Arini, Prototype Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Arduino Menggunakan Sensor Raindrop Dan Sensor Dht11, PhD Thesis. University of Technology Yogyakarta, pp. 16, 2017.

E. Rismawan, S. Sulistiyanti, and A. Trisanto, Rancang Bangun Prototype Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler At-Mega 8535, Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 1, no. 1, pp. 4957, 2015.

H. Firdaus, Rancang Bangun Penggerak Pintu Pagar Geser Menggunakan 12 Volt Direct Current (Dc) Power, J. Media Teknol., vol. 04, no. 02, pp. 155164, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.