Pencarian Produk Mall Online Menggunakan Metode Multiple Keywords searching


Muhammad Hardiansyah Hairi(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Metode pencarian yang dapat memfokuskan pencarian berdasarkan banyaknya kata kunci yang ditulis, hal ini menghemat waktu dan dapat memasukkan berbagai kata kunci dalam mesin pencari. Banyaknya kata yang ditulis lebih memfokuskan pencarian sehingga lebih maksimal dengan lebih spesifik terhadap produk yang dicari. Multiple keyword searching karena dengan metode tersebut akurasi hasil pencarian ditingkatkan mulai dari kesamaan kata kunci yang masukkan sama dengan yang diinginkan, memberi rangking pada tiap hasil pencarian dari yang sama hingga ke hasil yang berkaitan dan setiap kalimat yang digunakan dipisah menjadi kata tunggal yang telah dibagi untuk masing-masing hasil pencarian misalnya pencarian “Kata Pertama Kedua Ketiga” dari kalimat tersebut terdapat tiga kata maka laporan hasil cari dibagian menjadi tiga hasil dengan masing-masing rangking barang yang sama pada tiap laporannya sehingga sistem akan memberikan rekomendasi barang yang diinginkan. Berdasarkan hasil perancangan aplikasi mall online dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem rekomendasi pencarian produk menggunakan metode Multiple keyword searching pada aplikasi Mall Online dapat ibangun dengan prosedur yang cukup kompleks dengan resiko yang sedang dan mampu meberikan hasil yang baik dengan akurasi  90.9%.

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1 times
     

Digital Object Identifier

  

Cite

References


S. Handayaningsih, “Model Sistem Informasi Pariwisata Multiuser Menggunakan Konsep E-Mall,” Semin. Nas. Indoematika UPN “Veteran,” vol. 1, no. 5, pp. 192–196, 2010.

Nurbojatmiko, , “Desain E-Commerce Mall atau Plaza, Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi,” vol. 6, no. 2, pp. 171–178, 2013.

W. Sun et al., “Verifiable Privacy-Preserving Multi-Keyword Text Search in the Cloud Supporting Similarity-Based Ranking,” IEEE Trans. Parallel Distrib. Syst., vol. 25, no. 11, pp. 3025–3035, Nov. 2014.

N. Cao, C. Wang, M. Li, K. Ren, and W. Lou, “Privacy-preserving multi-keyword ranked search over encrypted cloud data,” IEEE Trans. Parallel Distrib. Syst., vol. 25, no. 1, pp. 222–233, 2014.

C. Wang, N. Cao, J.Li, K.Ren, W.Lou, “Secure Ranked Keyword Search Over Cloud Data,” Journal, International Technology, Advent vol. 2, no. 8, pp. 39–43, 2014.

M. A. Ganguli, M. S. M, P. S. Maddodi, and S. Saralaya, “Multi Keyword Search over Encrypted Cloud,” vol. 7, no. 2, pp. 58–61, 2017.

H. Pardesi and N. Kumari, “Study of Various Multi Keyword Search in Cloud Cmputing,” Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Softw. Eng., vol. 7, no. 7, p. 308, 2017.

M. K. B S, S. P V, S. N, and Y. S, “Multi-Keyword Search Methodology for Cloud Data,” Ijarcce, vol. 6, no. 4, pp. 113–119, 2017.

C. Purwanto et al., “Implementasi Multiple Keywor Searching untuk Pencarian Katalog pada Toko Buku Dialetika,” vol. 14, 2019.

M. A. Subandri and R. Sarno, “ScienceDirect Cyclomatic Complexity for Determining Product Complexity Level in COCOMO II,” Procedia Comput. Sci., vol. 124, pp. 478–486, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Hardiansyah Hairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License BUSITI's work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats