Penerapan Metode Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Laundry Terdekat di Kota Makassar


Muh. Iqbal(1*); Poetri Lestari L.B.(2); Nia Kurniati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Jasa laundry adalah jasa pencucian pakaian kotor sampai dengan kering dan siap pakai, dalam arti pakaian yang semula dibawa ke jasa laundry dalam keadaan kotor dan saat diterima kembali oleh konsumen pemakai jasa laundry pakaian tersebut sudah siap digunakan kembali sudah bersih, dalam keadaan rapi dan telah disetrika, dimana penentuan tarifnya adalah berdasarkan tipe jasa laundry, jumlah kilogram serta jumlah satuan baju yang di laundry. Tujuan Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi jasa lokasi laundry terdekat dengan posisi user dan memberi petunjuk arah menuju lokasi tempat laundry sehingga meminimalisir tenaga waktu dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Haversine Formula menghitung jarak antara dua titik di bumi berdasarkan panjang garis lurus antara dua titik tanpa mengabaikan kelengkungan yang di miliki bumi, dengan menerapkan teknologi tersebut dalam sebuah SIG pengguna sistem dapat mengetahui posisinya terhadap lokasi tertentu walupun masih mengabaikan relief bumi yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi pencarian yang dapat membantu masyarakat sekitar dalam mencari laundry terdekat dari lokasi mereka berada.

Keywords


Sistem Informasi Geografis; Metode Haversine; Laundry

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 585 times
PDF view: 328 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.710
  

Cite

References


H. Kamil and A. Duhani, “Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 8, no. November, pp. 1–9, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/172316-ID-pembangunan-sistem-informasi-pelayananj.pdf.

Y. Yulianto, R. Ramadiani, and A. H. Kridalaksana, “Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.1027.

R. V. Fajaryantoro, F. W. Wibowo, and A. Priadana, “Penerapan Metode Radius , Haversine Formula dan Direction pada Sistem Pencarian Kios Penyedia Produk Pertanian Terdekat,” TEKNOMATIKA, vol. 12, no. 2, pp. 2–5, 2020.

D. M. Khairina, F. W. Ramadhinata, and H. R. Hatta, “Pencarian Lokasi Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Terdekat Menggunakan Haversine Formula (Studi Kasus Kota Samarinda,” Semin. Nas. Inov. Dan Apl. Teknol. Di Ind., pp. 1–5, 2017.

Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Pengguna. UML (Unified Model. Lang., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2011, [Online]. Available: https://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2011/10/01-jurnal-informatika-mulawarmanfeb-2011.pdf.

F. Sonata and V. W. Sari, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

Muhammad and F. N. W. Dame, “Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Pt. Riau Andalan Pulp and Paper Estate Logas,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 42–54, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.