Pengembangan Alat Bantu Timelapse Photography Berbasis Arduino


Muh. Ainun Amri Mursalim(1*); Dedy Atmajaya(2); Erick Irawadi Alwi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Timelapse fotografi  adalah sekumpulan hasil foto yang ditangkap oleh sensor kamera dan di bagi dalam beberapa frame yang menggambarkan urutan dari satu kejadian dengan cara beraturan dan berurutan. Genre fotografi ini sudah sangat lama ditekuni oleh para fotografer, baik fotografer yang baru mengenal fotografi maupun fotografer profesional. Timelapse fotografi adalah teknik dalam fotografi yang cukup rumit. Diperlukan kesabaran dan ketepatan waktu yang presisi untuk menghasilkan sebuah karya timelapse yang baik. Alat yang menjadi prioritas kebanyakan fotografer dalam menekuni dunia fotografi termasuk timelapse fotografi saat ini adalah kamera berjenis Mirrorless. Namun kamera jenis ini  masih memiliki banyak kekurangan khususnya jika di terapkan sebagai alat untuk menghasilkan foto timelapse. Maka dari itu diperlukan sebuah alat yang dapat mendukung kamera Mirrorless ini sehinga ketika akan menghasilkan bahan timelapse yang baik.


Keywords


Timelapse; Photography

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 190 times
PDF view: 115 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.718
  

Cite

References


E. N. Habibah, R. Zuthfiyah, Fitriyati, F. Rachmad, A. Listianingrum, and R. Mahendrado, Collaborative governance dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat rt/rw(Studi Kasus di RW 2 Kelurahan Tidar , J. Mhs. Adm. Negara, vol. 4, no. 1, 2020.

S. A. Nugroho, PENGEMBANGAN ALAT BANTU TIME-LAPSE PHOTOGRAPHY BERBASIS OPEN SOURCE HARDWARE, PIXEL-Jurnal Ilm. Komput. Graf., vol. 8, no. 1, pp. 3745, 2018.

A. Gani, A. H. Kridalaksana, and Z. Arifin, Analisa Perbandingan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Dan Weight Product ( WP ) Dalam Pemilihan Kamera Mirrorless, J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 14, no. 2, pp. 7681, 2019.

Nia Mardiah, Penentuan Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Travelling Dengan Metode Weighted Product, Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas . 2020.

H. Kurniawan, APPLIED FOOD PHOTOGRAPHY FOR GOODFELLAS RESTO WITH STILL LIFE APPROACH, Arty J. Seni Rupa, vol. 9, no. 1, pp. 1132, 2020.

A. I. Permatasari, Penataan Kamera Dalam Produksi Musik Show Rewind Camera Arrangement in Music Show Rewind , J. Ilm. Produksi Siar., vol. 5, pp. 8795, 2019.

A. P. Gunawan, MENJADI FOTOGRAFER DENGAN KAMERA SEDERHANA, Humaniora, vol. 1, pp. 380387, 2010.

S. Iksal, Suherman, Perancangan Sistem Kendali Otomatisasi On-Off Lampu Berbasis Arduino dan Borland Delphi, Semin. Nas. Rekayasa Teknol., no. November, pp. 117123, 2018.

M. Novaria et al., Rancang Bangun Alat Penyemprot Disenfektan Otomatis untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona, J. Informatics Educ., vol. 3, no. 1, pp. 20192022, 2020.

E. D. Marindani, B. W. Sanjaya, and Gusmanto, Perancangan Sistem Keamanan untuk Mengetahui Posisi Kendaraan Yang Hilang Berbasis GPS dan Ditampilkan Dengan Smartphone, J. Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 111, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.