Sistem Pakar Penentuan Komposisi Skincare Berdasarkan Karakteristik Jenis Kulit Menggunakan Metode Certainty Factor


Sitti Ramlah(1*); Poetri Lestari L.B.(2); Irawati Irawati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi edukasi dalam menentukan komposisi skincare khususnya toner yang aman sesuai standar dermatologi dan BPOM berdasarkan karakteristik jenis kulit wajah. Teknik klasifikasi yang digunakan yaitu dengan menggunakan penerapan metode certainty factor dengan mesin inferensi forward chaining. Inputan yang digunakan yaitu karakteristik jenis kulit dan ciri pada wajah untuk menentukan kandungan skincare toner. Data yang sudah diinputkan tersebut merupakan data yang akan diuji menggunakan mesin inferensi forward chaining dimana bekerja untuk menghasilkan sebuah kesimpulan dari fakta- fakta yang ada, dengan teknik inferensi forward chaining nantinya akan didapat sebuah kesimpulan, dari kesimpulan tersebut diolah kembali untuk mendapat nilai kepastiannya dengan menggunakan metode certainty factor. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode certainty factor dan forward chaining hasil uji konsultasi dengan sistem ini menunjukkan bahwa sistem mampu menunjukkan karakteristik jenis kulit dan kandungan komposisi toner berdasarkan karakteristik jenis kulit dan ciri komposisi skincare toner yang diinputkan user.

Keywords


Forward Chaining; Certainty Factor; Skincare; Toner

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1143 times
PDF view: 1775 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.734
  

Cite

References


L. E. Sari, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Skincare Wardah Untuk Kulit Wajah Menggunakan Metode Decision Tree, Universitas Stikubank, 2020.

kemenparin, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%, www.kemenparin.go.id, 2018. [Online]. Available: https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20. [Accessed: 07-Jul-2020].

K. P. Cristvidya, Kandungan Skincare yang Tepat Sesuai Jenis Kulit, www.fimela.com, 2020. [Online]. Available: https://www.fimela.com/beauty/read/4226690/kandungan-skincare-yang-tepat-sesuai-jenis-kulit. [Accessed: 07-Jul-2020].

dr. Kevin Adrian, Waspada, Inilah 4 Kandungan Krim Berbahaya untuk Wajah, www.alodokter.com, 2019. [Online]. Available: https://www.alodokter.com/waspada-inilah-4-kandungan-krim-berbahaya-untuk-wajah. [Accessed: 07-Jul-2020].

I. H. Santi and B. Andari, Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor, INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, p. 159, 2019.

D. T. Yuwono, A. Fadlil, and S. Sunardi, Penerapan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Coelogyne Pandurata, Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, p. 136, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.