Penerapan Metode VIKOR dalam Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Sosial Pada Masyarakat Tedampak Covid-19


Andika Syaputra(1*); Yulita Salim(2); Lilis Nur Hayati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengelolah data masyarakat calon penerima bantuan sosial menggunakan Sistem Pendukung Keputusan berbasis web guna untuk membantu dan meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dalam menyalurkan Bantuan Sosial kepada masyarakat terdampak COVID-19 sehingga dapat tepat sasaran. Sistem ini menerapakan metode VIKOR (Viekriterijumsko Kompromisno Rangiranje) yang merupakan metode yang fokus pada perangkingan dan dapat mengkompromi alternatif. Kriteria yang digunakan meliputi penghasilan, pekerjaan, kondisi dinding, kondisi atap, kondisi lantai, luas lantai, jumlah anggota keluarga, makan daging/ayam, sumber bahan bakar, sumber penerangan, sumber air, pendidikan kepala keluarga, kemampuan berobat, dan tabungan. Data alternatif merupakan data sampel training penduduk Desa Sawaru yang digunakan untuk menguji sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode VIKOR di dalamnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap fitur fitur yang ada pada sistem pendukung keputusan penerimaan bantuan sosial dapat disimpulkan bahwa sistem telah sesuai dengan perancangan yang telah dibuat dan dapat menerapakan metode VIKOR ke dalamnya.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan (SPK); VIKOR; Bantuan Sosial; COVID-19

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 377 times
PDF view: 352 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i2.794
  

Cite

References


Yuliana, “Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur,” Wellness Heal. Mag., vol. 2, no. 1, pp. 187-192., 2020.

Muthiah and Nisaaul, “Studi Implementasi Program Bantuan Sosial Tunai di Masa Pandemi,” POLICY, 2021.

Rusnawati, A. . Wati, and H. J. Setyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Program Bantuan Sosial Daerah Kutai Kartanegara Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 160–169, 2017.

Lengkong, Permanasari, and Fauziati, “Implementasi Metode VIKOR untuk Seleksi Penerima Beasiswa,” Proc. 7 th Natl. Conf. Inf. Technol. Electr. Eng, vol. 33, pp. 107–112, 2015.

V. Manuwelita, R. Regasari, M. Putri, and F. Amalia, “Penentuan Kelayakan L


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.