Analisis Perbandingan Layanan Data Server Menggunakan Failover Cluster pada Platform Nginx dan Apache


Hayudin Hasnanda Maila(1*); Dolly Indra(2); Ramdan Satra(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam penerapannya, data dan informasi disimpan disuatu layanan yang disebut server. Salah satu sarana untuk mendapatkan data dan informasi yaitu menggunakan web, dimana aktivitas pelayanannya ditanggapi dan diproses oleh web server. Terdapat dua web server berbasis open source yang biasa digunakan yaitu Apache dan Nginx. Kinerja web server dan database sebagai media penyedia konten diharapkan selalu dapat memenuhi semua kebutuhan dari pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ketersediaan layanan data server menggunakan teknik failover cluster pada web server Apache dan Nginx berdasarkan waktu saat load atau migrasi server. Hasil penelitian ini dengan melakukan perbandingan waktu saat load sistem atau perpindahan layanan server bahwa web server Nginx memiliki kualitas layanan lebih baik dari pada web server Apache. Melalui skenario pengujian yang telah dilakukan pada mesin Apache menghasilkan total rata-rata waktu kecepatan perpindahan layanan sebesar 25,82 s sedangkan pada mesin Nginx menghasilkan total rata-rata waktu kecepatan perpindahan layanan sebesar 22.98 s.

Keywords


Web Server; Server Apache; Server Nginx; Failover Cluster

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 220 times
PDF view: 126 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i2.829
  

Cite

References


A. Hakim, M. Ridha, S. Heristian, A. Selawati, and P. Paramita, “Impelementasi Failover Clustering Server untuk mengurangi Resiko Downtime Pada Web Server,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Hastanti, Rulia Puji, and Bambang Eka Purnama. "Sistem penjualan berbasis web (e-commerce) pada tata distro kabupaten pacitan." Bianglala Informatika 3.2, 2015.

Ferina Intan, Zulhendra, Efrizon, “Analisis Perbandingan Kinerja Web Server Apache dan Nginx Menggunakan Httperf Pada Portal Berita”, Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika Vol. 5, No. 2, 2017.

Schroeder, Bianca, and Mor Harchol-Balter. "Web servers under overload: How scheduling can help." ACM Transactions on Internet Technology (TOIT) 6.1, 2006, pp. 20-52.

F. Adnan and Kusnawi, “Analisis Perbandingan Performa Web Server Apache dan Nginx menggunakan Httperf pada VPS dengan Sistem Operasi CentOs,” Stmik Amikom Yogyakarta, p. 6, 2016.

R. Dani and F. Suryawan, “Perancangan dan Pengujian Load Balancing dan Failover Menggunakan NginX,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 43, 2017.

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.A. Susilo, Administrasi Server 1.pdf, Edisi Pert. Jakarta: IMrs Ghost1, SMK Negeri 2 Kalianda, 2013.

Ali, Muhammad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Stategi. Bandung:Angkas.

Arsa, Wikranta, and Khabib Mustofa. "Perancangan dan Analisis Kinerja Private Cloud Computing dengan Layanan Infrastructure-As-A-Service." BIMIPA 24.3: 225-237, 2014.

Wijaya, Miftakhudin Kusuma, Zamah Sari, and Mahar Faiqurahman. "Implementasi High Availability Cloud Storage Dengan Metode Replikasi Dan Failover Pada Laboratorium Teknik Informatika." Jurnal Repositor 2.2 (2020), pp.165-176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.