Perbandingan Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Per Connection Queue (PCQ) dan Hirarchical Token Bucket (HTB)


Fatwa Hadi Ilham Pamungkas(1*); Ramdan Satra(2); Erick Irawadi Alwi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kecepatan setiap user dalam mengakses satu jaringan tidaklah sama, oleh karena itu perlu dilakukan manajemen bandwidth (pengelolahan jaringan). Manajemen Bandwidth sangat penting untuk mengendalikan pemakaian bandwidth yang akan digunakan oleh user, jika tidak di kendalikan, maka akan terjadi pemakaian bandwidth tidak merata oleh beberapa user. Metode Per Connection Queue (PCQ) lebih optimal dan lebih mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa kualitas pembagian jaringan dilakukan secara merata dengan menggunakan metode Per Connection Queue (PCQ) dan Hirarchical Token Bucket (HTB). Hal ini dikarenakan bandwidth akan terbagi secara merata dan sesuai dengan skenario yang diterapkan bandwidth management dan tidak menyebabkan client saling merebut bandwidth. Karena setiap cleint mendapatkan bandwidth sebesar 2M.

Keywords


Internet; Manajemen Bandwidth; Metode PCQ; HTB

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 288 times
PDF view: 194 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i3.888
  

Cite

References


Silitonga, Parasian, and I. S. Morina, Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas S.U), J. Times, vol. 3, no. 2, pp. 1924, 2014.

Hafiz and Aliy, MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN MIKROTIK MENGGUNAKAN METODE QUEUE TREE PADA KANTOR PEKON SIDOHARJO KECAMATAN PRINGSEWU, J. Inform. Softw. dan Netw., vol. 1, no. 1, 2020.

R. M, Perancangan Manajemen Bandwidth Internet Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno, J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 7, no. 1, pp. 115, 2013.

Mirsantoso, T. U. Kalsum, and R. Supardi, Implementasi dan Analisa Per Connection Queue (PCQ) Sebagai Kontrol Penggunaan Internet Pada Laboratorium Komputer, J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 139148, 2015.

Lisnawita, Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Hierarchical Token Bucket (HTB), J. Teknol. Komun. Digit. Zo., vol. 7, no. 1, pp. 1825, 2016.

Syukur A, Analisis Management Bandwidth Menggunakan Metode Per Connection Queue (PCQ) dengan Authentikasi RADIUS, It J. Res. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 7889, 2018.

C. Iswayudi and Hamzah, ANALISIS PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE PCQ (PER CONNECTION QUEUE) DAN HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET), J. Jarkom, vol. 7, no. 2, pp. 86-94., 2019.

W. Iriansyah, R. Satra, and E. Irawadi, Analisis Manajemen Traffic untuk Optimasi Layanan Video Live Streaming pada Youtube menggunakan Metode Per Connection Queue ( PCQ ), Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 4, pp. 224229, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.