Implementasi Progressive Web App Terhadap Aplikasi E-Commerce Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kinerja Aplikasi Berbasis Web


Adriawan Amrullah(1*); Yulita Salim(2); Abdul Rachman Manga(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan PWA pada web e-commerce untuk dapat menjalankan melalui ponsel tanpa harus kembali membuat kode program menggunakan Java dan bahasa pemrograman SDK. Teknologi terbaru dari web-base aplication adalah Progressive Web App (PWA). PWA merupakan pengembangan aplikasi berbasis web dimana mencakup penerapan teknologi terbaru dari browser seperti Service Worker dan App Manifest. Secara konsep dengan bantuan Service Worker, PWA mampu memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan suatu aplikasi web meskipun dalam koneksi internet minim atau offline sekalipun. PWA dapat dijalankan dengan mengklik ikon di layar utama ponsel sama seperti bagaimana seseorang menggunakan aplikasi native. Penerapan PWA menggunakan metode pengembangan prototype. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dengan merapkan PWA pada e-commerce pengguna dapat menjalankan aplikasi e-commerce layaknya aplikasi native yang dapat dijalankan dengan mengklik ikon pada layar utama ponsel. E-commerce juga dapat diakses pada berbagai platform dengan menggunakan browser seluler maupun desktop dengan adanya jaringan internet maupun offline. Pengujian yang dilakukan berdasarkan baseline progressive web app checklist, nilai kualitas PWA pada e-commerce cukup baik yaitu 93,75 dari 100 nilai maksimal. Dari 16 kriteria pengujian, 15 diantaranya dapat diimpelementasikan pada e-commerce dan hasil pengujian kuesioner dapat disimpulkan bahwa penerapan PWA berjalan dengan baik.

Keywords


E-Commerce; PWA; Service Worker; Performance; Metode Prototype

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 834 times
PDF view: 596 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i3.912
  

Cite

References


V. Fransiska and S. Paramita, "Live Shopping dalam Industri Komunikasi Digital melalui Instagram," Prologia, vol. IV, no. 1, pp. 67-74, 2020.

H. Ridwan, M. and J. , "Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard," Jurnal Risest Komunikasi, vol. I, no. 1, pp. 99-108, 2018.

A. Wirapraja and H. Aribowo, "Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis," TEKNIKA, vol. VII, no. 1, pp. 66-72, 2018.

Nurwanto, "Penerapan Progressive Web Application (PWA) pada E-Commerce," Techno.COM, vol. XVIII, no. 3, pp. 227-235, 2019.

L. Adi, R. J. Akbar and W. N. Khotimah, "Platform E-Learning untuk Pembelajaran Pemrograman Web Menggunakan Konsep Progressive Web Apps," Jurnal Teknik ITS, vol. VI, no. 2, pp. 579-583, 2017.

A. F. Pratama and A. Diana, "Implementasi E-Commerce dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopenadsoles.id," Indonesia Journal Information System (IDEALIS), vol. IV, no. 1, pp. 20-30, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.