ANALISIS KETERKAITAN DATA TRANSAKSI PENJUALAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA CENTROID LINKAGE HIERARCHICAL METHOD (CLHM)


Nurani Nurani(1*); Hamdan Gani(2);

(1) AMIK Rizky Makassar
(2) AMIK Rizky Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengambilan keputusan merupakan faktor yang menentukan didalam sebuah perusahaan. Kenyataannya pemanfaatan big data dalam sebuah pengambilan keputusan masih kurang efektif, salah satu contohnya adalah pemanfaatan big data perilaku belanja konsumen untuk menjadi sebuah pengetahuan yang mendukung pengambilan keputusan. Salah satu implementasi big data ini adalah pengambilan keputusan dalam penempatan barang pada rak toko buku. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan mencari keterkaitan antara satu buku dengan buku yang lain didalam suatu set data dengan menggunakan teknik data mining, Penelitian ini memanfaatkan dua teknik data mining yaitu implementasi algoritma Apriori yang berfungsi untuk mendapatkan pola-pola item yang saling berkaitan kemudian algoritma CLHM (Centroid Linkage Hierarchical Method) untuk klasterisasi data. Penelitian ini menggunakan sampel data 15 kategori item dari data belanja konsumen pada toko buku tahun 2014 selama 3 bulan. Hasil akhir penelitian adalah sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan rekomendasi pengambilan keputusan dalam sebuah toko buku

Keywords


Apriori; Big Data; CLHM; Data Mining; Pendukung Pengambil Keputusan

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1180 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 769 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.111.62-69
  

Cite

References


Kantardzic, M. 2003. Data Mining Concepts Models, and Algorithms. New Jersey: IEEE.

Han, J. dan Kamber, M. 2001. Data Mining Concepts and Techniques. Morgan Kaufmann, California.

Jiawei, H dan Micheline, K. 2000. Data Mining: Concepts and Techniques: Chapter 6. Mining Association Rules in Large Database, Simon Fraser University.

Ulmer, David. 2002. Mining an Online Auctions Data Warehouse. The Mid-Atlantic Student Workshop on Programming Languages and Systems, Pace University.

Usmaida, A. 2007. Web Mining Untuk Pencarian Berdasarkan Kata Kunci Dengan Teknik Clustering, Tugas Akhir Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Martiana, E, et al. 2010. Mesin Pencari Dokumen Dengan Pengklasteran Secara Otomatis. Telkomnika Vol. 8, No. 1.

Barakbah, A.R. dan Arai, K. 2004. Identifying Moving To Make Automatic Clustering For Normal Data Set, In. Proc. IECI Japan Workshop, Musashi Institute of Technology, Tokyo.

Witten, et al., 2005. Data Mining Practical Machine Learning Tools and Techniques, Second Edition. Morgan Kaufmann, San Fransisco.

Moertini, V dan Marsela, Y. 2007. Analisis Keranjang Pasar Dengan Algoritma Hash-Based Pada Data Transaksi Penjualan Apotek. Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Yova, R. dan Fahrian, M. 2008. Implementasi Algoritma-Algoritma Association Rules Sebagai Bagian Dari Pengembangan Data Mining Algorithms Collection. Konferensi Nasional dan Sistem Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurani Nurani, Hamdan Gani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.