ALGORITMA C4.5 UNTUK PEMODELAN DAERAH RAWAN BANJIR STUDI KASUS KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT


Ahmad Khusaeri(1*); Septian Ilham(2); Desi Nurhasanah(3); Derrenz Delpidat(4); Anggri Anggri(5); Aji Primajaya(6); Betha Nurina Sari(7);

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(4) Universitas Singaperbangsa Karawang
(5) Universitas Singaperbangsa Karawang
(6) Universitas Singaperbangsa Karawang
(7) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Karawang merupakan kota yang dijuluki dengan kota lumbung padi dan industri. Kemajuan kota Karawang ditentukan dengan situasi dan kondisi kota yang terkendali. Banjir merupakan salah satu hal yang dapat memperhambat kemajuan kota Karawang. Dengan membuat model daerah rawan banjir, dapat mempermudah pemerintah dalam memprediksi daerah – daerah yang rawan banjir berdasarkan data – data yang telah diolah. Algoritma C4.5 merupakan salah satu metode dalam mengklasifikasikan dataset. Pembagian dataset dilakukan dengan menggunakan metode 10-fold cross validation dimana setiap bagian (fold) akan dijadikan data testing  sedangkan n-1 akan dijadikan sebagai data training. Data yang digunakan dalam pembuatan model adalah data banjir, kepadatan penduduk, ketinggian wilayah, jarak pusat daerah dengan sungai dan rata – rata curah hujan. Tingkat akurasi yang dihasilkan dengan menggunakan algoritma C4.5 adalah 84.385%, sedangkan Recall dan Precision yang dihasilkan sebesar 0.95 dan 0.87. pohon keputusan yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai aturan dalam pembuatan visualisasi WEB GIS.

Keywords


GIS; Algoritma C4.5; K-Fold Cross Validation; Banjir; Karawang

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1046 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 779 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.128.132-136
  

Cite

References


KARAWANG, B. K. (2014). Karawang Dalam Angka 2014. Karawang: Bps Kabupaten Karawang.

Rosydie, A. (2013). Banjir : Fakta Dan Dampaknya, Serta Pengaruh Dari Perubahan Guna Lahan. Perencanaan Wilayah Dan Kota, 246.

Dewi Handayani U.N, R. d. (2005). Pemanfaatan Analisis Spasial untuk Pengolahan Data Spasial. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 109.

Amri, K. (2014). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Klasifikasi Kemunculan Titik Api Di Provinsi Riau Menggunakan Pohon Keputusan C4.5.

Hamdani, H., Permana, S. (2014). Analisa Daerah Rawan Banjir Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis. Jurnal Kontruksi, 2.

Ig. Dodiet Aditya S, S. (2013). DATA dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Surakarta: Poltekes Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ahmad Khusaeri, Septian Ilham, Desi Nurhasanah, Derrenz Delpidat, Anggri Anggri, Aji Primajaya, Betha Nurina Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.