PERANCANGAN APLIKASI MONITORING PC BERBASIS DESKTOP PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UMI


Hajrah Mansyur(1*); Ichroman Raditya Duwila(2);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Proses praktikum di Laboratorium Terpadu Fakultas Ilmu Komputer UMI adalah salah satu komponen vital dalam kegiatan belajar mengajar di Fakultas Ilmu Komputer UMI. Dalam melakukan praktikum di laboratorium, asisten laboratorium melakukan monitoring terhadap praktikan dengan cara standar, yaitu mengontrol dan memperhatikan aktivitas praktikan dengan langsung mendatangi PC atau komputer tempat praktikan melakukan aktivitasnya. Adanya sistem yang tanpa bantuan sebuah aplikasi monitoring sedikit menyulitkan kinerja asisten dimana harus dilakukan monitoring secara simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi yang kiranya dapat membantu asisten laboratorium untuk melakukan pengontrolan dan pengawasan terhadap praktikan. Aplikasi monitoring PC ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java, editor Netbeans serta menggunakan UML dalam perancangan sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi monitoring yang berjalan di platform desktop dan dapat diakses oleh asisten laboratorium dimana aplikasi ini berjalan di sisi praktikan sebagai aplikasi client (berjalan di background) dan di sisi server sebagai aplikasi server.

Keywords


Aplikasi Monitoring; Platform Desktop; UML; Client; Aplikasi Server

  
     

Article Metrics

Abstract view: 2024 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1243 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.140.196-202
  

Cite

References


Irawan PLT., Abdurrachman Kamil Dhermawan, Hedry Setiawan. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Perangkat Keras Komputer Menggunakan Windows Query Language. Kinetik. Vol.1, No.3, Hal. 155-162.

Gentisya Tri Mardiani. 2013. Sistem Monitoring Data Aset dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Komputer dan informatika (KOMPUTA). Vol. 2 No. 1, Hal: 35-40.

Gunawan, Chandra Arie., Setiawan, Bambang., Wibisono, Arif. 2013. Pengembangan WEBGIS Untuk Inventory Monitoring Gudang Penyangga (Studi Kasus : PT. PETROKIMIA GRESIK, ProvinsiJawaTimur).Surabaya: Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Jogiyanto.1999. Analisis dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Bisnis. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Mustaqbal M.Sidi, Roeri Fajri Firdaus, Hendra Rahmadi. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol.I, No.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hajrah Mansyur, Ichroman Raditya Duwila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.