IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Dedy Atmajaya

Abstract


Penelitian ini menyajikan implementasi augmented reality (AR), untuk pembelajaran interaktif anak usia dini. Dengan menerapkan konsep AR pada metode pembelajaran anak usia dini, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Karena dengan menerapkan konsep AR pada metode pembelajaran para guru atau orang tua dapat menciptakan suasana belajar yang lebih nyata kepada anak dengan ditampilkannya objek 3D, serta improvisasi suara dan gambar yang mendukung suasana pembelajaran. Diharapakan metode ini dapat menjawab permasalahan utama dalam hal pembelajaran anak usia dini yaitu menarik fokus dan perhatian mereka. Hasil penelitian ini adalah prototipe sistem/aplikasi AR untuk metode pembelajaran interaktif bagi anak, yang dapat digunakan untuk pembelajaran pengenalan hewan dan buah-buahan baik di lingkungan lembaga pendidikan atau untuk pendidikan secara mandiri bagi orang tua. Dalam mengimplementasikan Aplikasi AR digunakan tools gimp, unity3D, blender dan vuforia.


Keywords


pembelajaran interaktir; augmented reality; unity3D; vuforia

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

Parten, M.B. 1932. Social participation among pre-school children. Journal of Abnormal and Social Psychology, 27(3), 243-269.

Milgram, P., Kishino, F. Augmented Reality: A Class of Displays on the Reality virtuality Continuum. In: SPIE Proceeding Telemanipulator and Telepresence Technologies, vol. 2351. 1994.

Saurina, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. Vol.20 No.1

Boud, A. C., Haniff, D. J., et al. 1999. Virtual reality and augmented reality as a training tool for assembly tasks. In Information Visualization, Proceedings. IEEE International Conference on, 1999 1999 (pp. 32-36). doi:10.1109/iv.1999.781532.1999.

Tahyudin, I dan Saputra. 2016. An Interactive Mobile Augmented Reality for Tourism Objects at Purbalingga District. IJEECS. Vol 1, No. 2

Yudiantika, A, R. Pasinggi, E, S. Sari, I, P. Hantono, B, S. 2013. Implementasi Augmented Reality di Museum : Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Pengunjung Museum. Proceeding of KNASTIK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ILKOM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Show visitor statistics