IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF


Dedy Atmajaya(1*);

(1) 
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini menyajikan implementasi augmented reality (AR), untuk pembelajaran interaktif anak usia dini. Dengan menerapkan konsep AR pada metode pembelajaran anak usia dini, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Karena dengan menerapkan konsep AR pada metode pembelajaran para guru atau orang tua dapat menciptakan suasana belajar yang lebih nyata kepada anak dengan ditampilkannya objek 3D, serta improvisasi suara dan gambar yang mendukung suasana pembelajaran. Diharapakan metode ini dapat menjawab permasalahan utama dalam hal pembelajaran anak usia dini yaitu menarik fokus dan perhatian mereka. Hasil penelitian ini adalah prototipe sistem/aplikasi AR untuk metode pembelajaran interaktif bagi anak, yang dapat digunakan untuk pembelajaran pengenalan hewan dan buah-buahan baik di lingkungan lembaga pendidikan atau untuk pendidikan secara mandiri bagi orang tua. Dalam mengimplementasikan Aplikasi AR digunakan tools gimp, unity3D, blender dan vuforia.


Keywords


pembelajaran interaktir; augmented reality; unity3D; vuforia

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1326 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1180 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232
  

Cite

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

Parten, M.B. 1932. Social participation among pre-school children. Journal of Abnormal and Social Psychology, 27(3), 243-269.

Milgram, P., Kishino, F. Augmented Reality: A Class of Displays on the Reality virtuality Continuum. In: SPIE Proceeding Telemanipulator and Telepresence Technologies, vol. 2351. 1994.

Saurina, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. Vol.20 No.1

Boud, A. C., Haniff, D. J., et al. 1999. Virtual reality and augmented reality as a training tool for assembly tasks. In Information Visualization, Proceedings. IEEE International Conference on, 1999 1999 (pp. 32-36). doi:10.1109/iv.1999.781532.1999.

Tahyudin, I dan Saputra. 2016. An Interactive Mobile Augmented Reality for Tourism Objects at Purbalingga District. IJEECS. Vol 1, No. 2

Yudiantika, A, R. Pasinggi, E, S. Sari, I, P. Hantono, B, S. 2013. Implementasi Augmented Reality di Museum : Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Pengunjung Museum. Proceeding of KNASTIK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dedy Atmajaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ILKOM Jurnal Ilmiah indexed by

doaj_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logosinta_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
ILKOM Jurnal Ilmiah
ISSN 2548-7779
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
W : https://fikom.umi.ac.id/
E : jurnal.ilkom@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0