PENILAIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL COBIT 4.1


Ali Yazid Mude(1*);

(1) Ilmu Komputer UMI
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Lembaga XYZ telah membuat sistem informasi akademik agar proses akademik berjalan lancar, namun selama ini belum ada penilaian pada sistem yang telah dibuat, apakah sistem itu sudah sesuai dengan standar pengelolaan IT atau belum. Karena itu penelitian ini menggunakan salah satu standar tata kelola TI yakni Cobit. Cobit Apabila tata kelola TI sesuai dengan standar yang diakui, maka pengelolaan dianggap layak dipercaya, Sehingga akan meningkatkan kepercayaan pengguna.. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan didasarkan pada penafsiran pemahaman peneliti secara subjektif. Hasil penilaian pada sistem yang diperoleh berada pada level 3 (defined). Artinya pemahaman pemakai (user) dalam menggunakan sistem belum merata dan terdapat masih ada kebijakan tata kelola IT yang belum lengkap.


Keywords


Cobit 4.1; Penilaian; SIMAK; Tata Kelola TI

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 687 times
PDF view: 392 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.186.356-360
  

Cite

References


Haes, & Grembergen. (2004). IT Governance and Its Mechanisms. Information System .

ITGI. (2007). COBIT 4.1 framework control objetives management guidelines maturity models. USA: ISACA.

Purwanto. (2010). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit Dalam Mendukung Layanan Sistem Informasi Akademik Studi Kasus Universitas Budi Luhur . Telematika Mkom , 1-12.

Rozas, I. S., & Effendy, D. A. (2012). Mengukur Efektifitas Hasil Audit Teknologi Informasi cobit 4.1 berdasarkan perspektif end user. JURANAL LINK , 1-5.

Sudarmawan. (2013). Evaluasi Pengendalian Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework Cobit 4.1. (Studi Kasus Stmik Amikom Yogyakarta). Yogyakarta: Stmik Amikom Yogyakarta.

Surendro, K. (2009). Implemetasi Tatakelola Teknologi Informasi. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ali Yazid Mude

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.