PENGEMBANGAN SINGLE PAGE APPLICATION PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK


Poetri Lestari Lokapitasari Belluano(1*);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem Informasi Akademik (SIAKA) adalah sistem pengelola data sehingga memudahkan pengguna dalam kegiatan administrasi akademik secara online. Single Page Application (SPA) adalah aplikasi web yang sesuai pada satu halaman web dinamis tanpa refresh page. Penelitian bertujuan untuk mengaplikasikan SIAKA sesuai kebutuhan pengguna, bermanfaat, dan mudah digunakan, mengembangkan pengelolaan informasi realtime dan membantu komunikasi data lebih cepat serta menghemat sumber daya perangkat lunak. Metode penelitian meliputi studi lapangan dan kepustakaan sehubungan pembahasan terkait SPA, SIAKA, Forlap, PDPT dan Feeder Dikti. Perancangan sistem informasi menggunakan paradigma Convention Over Configuration. Pengelolaan aplikasi DBMS menggunakan PostgreSQL, dan port TCP-IP sebagai sarana komunikasi data. Hasil penelitian berupa aplikasi Sistem Informasi Akademik (xSIA) yang user friendly dengan tampilan informasi berbentuk teks dan grafik yang sinkron. Serta pengelolaan informasi realtime yang menghemat sumber daya perangkat lunak, karena Client side mengelola sendiri data yang dibutuhkan sesuai permintaan tanpa membebani kinerja server dengan tidak melakukan proses Rendering Data berulang-ulang.


Keywords


SIAKA; SPA; PostgreSQL; xSIA

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 2155 times
PDF view: 1014 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.204.38-43
  

Cite

References


M.A.Jadhav, S. Balkrishna, and A. Deshmukh. 2015. Single Page Application using AngularJS.International Journal of Computer Science and Information Technologies., vol. 6(3), pp. 2876–2879 : Mumbai.

Poetri L.L.Belluano. 2016. Pengembangan Interoperabilitas Sistem Informasi Akademik Dengan Feeder Dikti Menggunakan Teknologi Web Service. Proceedings SNRIK Vol.1 Desember 2016, ISSN : 2443-048X.

Poetri L.L.Belluano. 2017.Penerapan Sistem Replikasi Dan Integrasi Basis Data Terdistribusi Pada Pangkalan Data Pendidikan Tnggi (PDPT). ILKOM Jurnal Ilmiah Vol.9 No.1 April 2017 Hal.42-48, ISSN: 2087-1716


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Poetri Lestari Lokapitasari Belluano

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.