Interoperabilitas Sistem Terdistribusi Berbasis Protokol Soap


Mohamad Ali Wardana(1*); Rahman Rahman(2);

(1) STMIK Lamappapoleonro Soppeng
(2) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem e-KTP yang yang diadopsi pemerintah menerapkan sistem database nasional kependudukan terpusat. Database ini menjadi referensi resmi dan yang dipercaya untuk mengidentifikasi status dan informasi kewarganegaraan seseorang. Siapapun baik perseorangan maupun lembaga dapat menjadikan referensi database nasional untuk memproses data kependudukan seseorang melalui sistem perangkat lunak kantor, lembaga atau struktur pemerintahan lokal di Indonesia. Kehadiran teknologi sistem terdistribusi dengan jenis arsitektur berbasis protokol SOAP, memungkinkan komunikasi perangkat lunak lintas platform sistem operasi dan bahasa pemrograman, berkomunikasi dengan model database apapun yang menyediakan antarmuka aplikasi layanan web. Penelitian ini telah menguji arsitektur SOAP untuk mengakses struktur data kependudukan dengan menggunakan perangkat lunak lintas bahasa pemrograman (Java dan Visual Basic .Net 2008). Pengujian menunjukan kinerja yang dapat diandalkan dengan tingkat akurasi data perolehan dan validasi record penduduk 100%. Hasil lainnya yang berjalan baik adalah pada pengujian Cross Tringgering-Event dan Penanganan struktur data server pada sisi oleh client. Meskipun demikian fleksibelitas penggunaan tipe data kompleks dan kecepatan respon server kurang begitu baik.


Keywords


SOAP , e - KTP

  
     

Article Metrics

Abstract view: 2846 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 3638 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.23.57-62
  

Cite

References


Haq Saiful dkk. 2014. Public Service Quality in Making E-KTP (Electronic Citizen ID) in District of Suboh Situbondo Regency. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2014. Jember .

Hidayanto Nur Adi dkk. 2015. Sistem Terdistribusi Untuk Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dengan Web Service. Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Teknokrat Lampung.

Rosmi Yani Amran. 2007. Interoperabilitas Sistem KTP Elektronik Terdistribusi Berbasis Simple Object Access Protocol (SOAP). Jurnal Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Gottschalk, K. 2002. Introduction to Web services architecture. [Online] tersedia: http:// www.research. ibm.com/journal/sj/412/gotts chalk.pdf.

Maulidya. 2004. Analisis Aplikasi Web Service Validasi Kartu Kredit. Thesis S2. Program Studi Ilmu Komputer UGM Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mohamad Ali Wardana, Rahman Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.