Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Program Pemerintah


Harlinda Lahuddin(1*);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Program Pemerintah merupakan program aplikasi yang dapat digunakan oleh pemerintah (Badan Pusat Statistik) guna menyeleksi rumah tangga miskin yang akan diberikan bantuan dana secara tunai dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi warga miskin.Hal ini dimungkinkan karena sistem ini memiliki berbagai kriteria penilaian dari rumah tangga miskin  yang diperoleh dan dirumuskan dengan memperhatikan berbagai faktor yang dianggap relevan dan perlu, selanjutnya dimodelkan secara matematis guna menghasilkan suatu penilaian yang membantu para pengambil keputusan di dalam membuat keputusan penentuan penerima bantuan Program Pemerintah bagi warga miskin.


Keywords


Program pemerintah, sistem pendukung keputusan , kriteria, model

  
     

Article Metrics

Abstract view: 813 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1023 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.24.63-68
  

Cite

References


Daihani, D.U, 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Indrajit, R.E., 2001, Pengantar Konsep Dasar: Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

McLeod, R., 1998, Management Information Systems, 7th Edition, Prince-Hall International, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.

O’Brien, J.A., 2003, Introduction to Information System: Essentials for the Internetworked E-Business Enterprise,, 8th Edition, McGraw-Hill/Irwin, New York.

Turban, E. dan Aronson, J. E, 1998, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Fifth Edition, Prentice-Hall International, Inc New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Harlinda Lahuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.