E-Commerce untuk Penjualan Arang Tempurung berbasis Android


Suhardi Rustam(1*); Sumarni Sumarni(2);

(1) Universitas Ichsan Gorontalo
(2) Universitas Ichsan Gorontalo
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Tanaman Kelapa sebagai jenis komoditas utama yang menjadi andalan nasional dan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Gorontalo Utara yang merupakan daerah tanama kelapa dalam dengan produktivitas 1.480 Kg/Ha di Kab. Gorontalo utara dengan jumlah 112.975 jiwa (BPS Gorontalo Utara, 2017). Pengolahan limbah kelapa di gorontalo utara umumnya diolah secara tradisional yang tidak jelas kualitasnya, sehingga menyebabkan keragaman olahan limba kelapa sangat tinggi. Penumpukan Limbah kelapa dan pengelolaan yang tidak memenuhi standar sehingga tidak memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat. Pada permasalahan ini maka diperlukan adanya Pembinaan kepada para petani kelapa di gorontalo utara. Oleh karena itu menyajikan pembuatan aplikasi kepada petani kelapa dalam bentuk e-commerce yang mampu memberikan kemudahan menjual untuk para petani kelapa dengan tampilan yang menarik. E-commerce yang terdapat dalam bentuk aplikasi android, fokus penelitian untuk merancang e-commerce penjualan melalui handphone dalam memasarkan produk arang tempurung dari limbah kelapa. Sehingga pada penelitian ini ditemukan beberapa permasalahan yang menjadi fokus penelitian untuk menangani tentang kesulitan para petani kelapa memasarkan produk arang tempurung dari limbah kelapa dan masih banyak petani yang sulit memaksimalkan pemasaran di internet melalui handphone. Ruang lingkup penelitian ini adalah perancangan e-commerce dengan media internetnya adalah handphone, sehingga permasalahan pada penerapan e-commerce arang tempurung menjadi mudah untuk diimplementasikan. Hasil penelitian ini setelah perancangan e-commerce ini dapat membantu masyarakat untuk mengatasi kesulitan memasarkan produk turunan kelapa atau produk limbah kelapa yang telah memberikan nilai ekonomi dan sebagai sumber alternatif penghasilan ekonomi keluarga atau komunitas masyarakat pada aspek pemasaran digital.


Keywords


E-commerce; Arang Tempurung; Rapid Aplication Development (RAD); Limbah Kelapa; Ekonomi Masyarakat

  
     

Article Metrics

Abstract view: 197 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i3.657.%25p
  

Cite

References


Adwihardja cep, 2016, e-commerce sebagai model inovasi teknologi strategi enterpreneur menurut preferensi pengguna jakartanotebook.com, Bina Insani Ict Journal, Vol.3, No.1, hal 154 – 163

Badan Statistik Gorontalo utara, 2018, Laporan publikasi 2018, https://gorontaloutarakab.bps.go.id/publication.html, diakses tanggal 12 Agustus 2018

Suhartana, 2006, baku arang aktif dan aplikasinya untuk penjernihan air sumur di desa belor, jurnal berkala fisika vol. 9, no. 3, hal 151-156

Sari Kartika maya, 2011, potensi dan kelayakan ekspor arang tempurung kelapa, jurna ilmu pertanian, volume 7 no 12, 2011: hal 69-82

Noertjahyana Agustinus, 2002, studi analisis rapid application development sebagai salah satu alternative metode pengembangan perangkat lunak, jurnal informatika vol., no.2, hal 74-79

Rahmadi, R. 2010. Studi Komparatif Penggunaan Open Source Content Management System (CMS) Joomla dan Drupal Untuk Pembuatan Website. Jurnal Generic. Vol.5, No. 1.

Wahyuningrum Tenia, 2014, Perancangan WEB e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) untuk Produk Unggulan Desa, Jurnal Seminar nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Semarang, vol 9, hal 81-88

P. M. Informatika and S. Pringsewu, “PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS BUSINESS TO CONSUMERS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN PRODUK,” vol. 15, no. 2, pp. 109–116, 2017.

Y. Komputerisasi, A. Stmik, and M. D. P. Palembang, “Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Manfaat E-Commerce Terhadap Sikap Dan Perilaku Pengguna Dengan Menggunakan Metode TAM ( Studi Kasus : UKM Kota Palembang ),” vol. 4, no. 1, pp. 93–100, 2017.

E. Rapha and T. Nursalim, “ANALISIS JALUR PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN DESAIN WEBSITE TERHADAP MINAT BELI ULANG , DENGAN E- COMMERCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : STUDI KASUS PADA PRODUK E ’ CHICK SECARA ONLINE,” vol. 1, no. April, 2016.

P. Literasi et al., “PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOSMETIK INDONESIA MELALUI E-,” pp. 101–109, 2019.

D. Tetap, P. Studi, and M. Fakultas, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE DALAM PROSES BISNIS Edwin Agung Wibowo Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi,” pp. 95–108, 1990.

G. Indah, P. S. Yanti, and S. Hajratul, “Pengaruh Independensi dan Bisnis E-commerce Terhadap Kebutuhan Jasa Audit E-commerce,” vol. 04, no. 01, pp. 25–32, 2020, doi: 10.31575/jp.v4i1.226.

K. K. Perusahaan, “PEMBUKTIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN RETAIL DI,” 2017.

D. A. N. Tokopedia, “Usability user interface desain pada aplikasi ecommerce,” no. February, pp. 73–82, 2020.

A. Aco and [1] H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “khazanah informatika Pe[1] N. [1] U. G. Mada, “POTENSI MANFAAT DAN PROBLEM DI E-COMMERCE,” vol. 15, no. 3, pp. 388–395, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 suhardi rustam, Sumarni Sumarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ILKOM Jurnal Ilmiah indexed by

doaj_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logosinta_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
ILKOM Jurnal Ilmiah
ISSN 2548-7779
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
W : https://fikom.umi.ac.id/
E : jurnal.ilkom@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0