RANCANG BANGUN MEETING MANAGEMET SYSTEM BERBASIS MOBILE


Fitriani Bakri(1*); Irawati Irawati(2);

(1) Universitas Muslim indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam sebuah instansi atau organisasi, manajemen informasi sangatlah penting, terutama ketika akan diadakan pertemuan dalam hal ini Rapat atau Meeting. Menjadwalkan sebuah rapat merupakan salah satu komponen tugas bagian Kantor Hubungan Masyarakat (HUMAS) dalam hal memberikan pelayanan administrasi  dalam menyelenggarakan  publikasi dan informasi  baik internal maupun eksternal. Metode pengelolaan rapat yang digunakan sejauh ini masih  menggunakan cara konvensional seperti penyampaian langsung atau berupa undangan tertulis kemudian disebar. Penyerahan surat undangan, SMS, atau telepon ini memiliki banyak kelemahan untuk itu masih diperlukan aplikasi yang memudahkan dalam penyebaran informasi tersebut. Dengan menerapkan Push notification dalam model data JSON API memiliki keunggulan yaitu pengguna tidak perlu melakukan request untuk mendapatkan informasi kegiatan yang ada. Informasi baru dari server Admin akan langsung dikirimkan kepada pegawai Universitas, dengan catatan bahwa perangkat Android bergerak harus dalam keadaan menyala dan terkoneksi dengan internet. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, berupa aplikasi Android yang dapat menampilkan informasi daftar meeting, dan fitur notifikasi reminder bagi user yang akan selalu mengingatkan akan adanya meeting yang akan berlangsung berdasarkan inputan admin pada web app sebelumnya.

Keywords


Meeting, Push Notification, JSON API, Web App

  
     

Article Metrics

Abstract view: 806 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 623 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i3.84.226-233
  

Cite

References


Asri, Aisar. 2014.”Aplikasi Pengeolahan Jadwal Meeting Berbasis SMS Gateway”.

Achmad, Nadim.2015.”Pengaruh Penerapan Push Notification terhadappenyebaran Informasi”.https://prezi.com/3nqielrqejpe/pengaruh-penerapan-push-notification-terhadap-enyebaran-inf/.25 Januari 2016.

Hikigaya. 2015.”Pengenalan Google Cloud Messaging”.http://dnakreatif.com/cloud/pengenalan-google-cloud-messaging-gcm/.25 Januari 2016.

Nuradyanto, Dimas Nugroho., et al. 2014.”Rancang Bangun Mobile Learningdengan push Notification System Berbasis protocol UDP pada perangkat Blackberry”.

Putra, Kadek A.M., et al. 2013.“Pengembangan Aplikasi Daftar perencanaanKegiatan Berbagi Pakai pada Sistem Operasi Android”.

Coupey, Eloise. 2001. “Marketing and the Internet”. New Jersey : Prentice Hall, New Jersey.

Connolly, T. dan Begg, C. 2005 “Database Systems: A Practical Approach to Design, implementation, and Management. (4th edition)”, Addison Wesley,USA.

Sulistyawan., Rubianto., Rahmad Saleh. 2008. “Modifikasi Blog Multiply dengan CSS”. Jakarta: Elex Media Komputindo

J.Poulcheria Benou, Costas Vassilakis. 2010. “A context management architecture for m-commerce applications”, Springer Journal of Computer Science June 2012, Volume 2, Issue 2,

Nazruddin. 2011. “Android Pemrograman mobile smart phone & Tablet PC”. Bandung : Informatika.

Janner Simarmata. 2010. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Jakarta: Andi Publisher.

Suhendar A & Gunadi Hariman. 2008. “Mastering UML with rational Rose 200”. Jakarta: Informatika

https://support.google.com/maps/answer/3092426?hl=en&ref_topic=3092425 (diakses Tanggal 10 April 2016 Pukul 20.00 WITA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fitriani Bakri, Irawati Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.