Information For Authors

Petunjuk penulisan naskah

  1. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia mulai dari Abstrak, kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  2. Format penulisan artikel adalah sebagai berikut: jarak antara baris dalam paragraf menggunakan 1 spasi, font menggunakan Arial, kertas menggunakan A4. Margin Top 2 cm, Left 3 cm, Right 2 cm dan Bottom 2 cm. Artikel menggunakan 1 columns, selengkapnya ---> (NEW) DOWNLOAD TEMPLATE 2017.
  3. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang Abstrak tidak boleh melebihi 150 kata. Kata kunci maksimal 5 kata kunci.
  4. Jumlah halaman artikel maksimal 8 halaman, kelebihan halaman dikenakan biaya.
  5. Daftar pustaka atau referensi yang dituliskan di artikel harus berurutan, sesuai dengan index pada halaman daftar pustaka, misalnya pada bab pendahuluan terdapat rujukan maka dimulai dari index [1] kemudian [2] dan seterusnya.
  6. Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan melalui media lainnya dan dibuktikan dengan dokumen penyataan keaslian. Download surat pernyataan keaslian artikel.
  7. Artikel diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

Panduan Penyerahan / Submit Artikel

 Penyerahan / Submit Artikel pada Jurnal ILKOM Ilmiah terdiri dari 2 cara yaitu:

1. Melalui portal jurnal.fikom.umi.ac.id

2. Melalui email jurnal.ilkom@umi.ac.id

Selengkapnya download panduan penyerahan / submit artikel

Bagi penulis WAJIB mengisi data NOMOR TELEPON / HP AKTIF, agar memudahkan proses komunikasi antara pengelola jurnal dan penulis.

NOMOR TELEPON / HP AKTIF dapat diisi melalui portal jurnal.fikom.umi.ac.id atau dikirimkan ke email jurnal.ilkom@umi.ac.id.

Petunjuk Pembayaran Publikasi Artikel

Biaya Publikasi Rp. 325.000,-

Biaya kelebihan halaman Rp. 100.000,- / lembar

Rekening Pembayaran bank BRI 0403-01-027060-50-2 Atas Nama Dolly Indra

Download Petunjuk Pembayaran Publikasi Artikel

Jumlah Artikel Ilmiah dalam satu frekuensi penerbitan

Jumlah artikel yang akan dipublikasi pada jurnal ilmiah ILKOM dalam satu frekuensi terbit adalah 10 -20 artikel. Apabila jumlah artikel telah mencapai jumlah maksimal untuk satu frekuensi terbit maka artikel yang masuk setelahnya akan dipublikasi di frekuensi berikutnya.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi redaksi melalui line telepon 081343720253 atas nama Dolly Indra.