Pelatihan MySimpleShow pada Guru SMK Muhammdiyah 1 Yogyakarta


Esi Putri Silmina(1*); Tikaridha Hardiani(2);

(1) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
(2) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran untuk memenuhi syarat memperoleh sertifikasi bagi guru dalam jabatan.

Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan guru-guru SMK Muhammdiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 40 orang. Pendampingan ini menggunakan metode ceramah, demontrasi dan latihan disertai tanya jawab.

Kegiatan ini dilakukan dengan strategi pelaksanaan yang cukup runtut dan pastinya efisien dijalankan, pertama peserta diberikan materi/teori pembelajaran yang dilanjutkan dengan melakukan percobaan langsung dengan menggunakan  MySimpleShow, yaitu software pembuat video animasi pembelajaran. Peserta yang merupakan guru-guru SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mampu membuat video animasi pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dicerna oleh murid, sehingga murid tidak bosan dan tetap mampu memahami materi dengan baik.


Keywords


MySimpleShow; SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta; Video Pembelajaran

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 76 times
PDF view: 36 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1211
  

Cite

References


C. D. Nurwahidah, Z. Zaharah, and I. Sina, “Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan, vol. 17, no. 1, 2021, doi: 10.31000/rf.v17i1.4168.

K. Agustini and J. G. Ngarti, “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. April 2020, pp. 62–78, 2020.

L. Herayanti, B. Safitri, B. Sukroyanti, and W. Putrayadi, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di SDN 1 Ubung Dengan Memanfaatkan Bandicam,” J. Pendidik. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 4, pp. 495–501, 2019.

D. Sarkity, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur,” J. Anugerah, vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2021, doi: 10.31629/anugerah.v3i1.2944.

M. R. Akbar, A. R. Hakim, and A. Haris, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0,” Darmabakti J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 51–57, 2020, doi: 10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Komputer Untuk Masyarakat indexed by

ROAD_logo Google_Scholar_logogaruda_logo

___________________________________________________________
Ilmu Komputer Untuk Masyarakat
ISSN 2721-1282
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
Website : https://fikom.umi.ac.id/
Email : ilkomas@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0