Bimbingan Teknis Pemanfaatan xSIA untuk Pelaporan Akademik Siswa di SDN No. 133 Kabupaten Takalar


Poetri Lestari Lokapitasari Belluano(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Yudha Islami Sulistya(3); La Saiman(4);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(4) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem Informasi Akademik (xSIA) adalah sistem yang dibangun untuk mengelola data-data peserta ajar sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam hal ini adalah Guru dalam kegiatan administrasi akademik secara online. Sekolah perlu menyediakan layanan sistem informasi akademik dalam bentuk web application dimana Guru secara mandiri dapat melaksanakan pelaporan akademik siswa untuk kebutuhan sinkronisasi data Pelaporan Kinerja Guru (PKG) DAPODIK. Kemudahan dalam mengakses sistem informasi akademik mulai dari level Guru, Operator Sekolah sampai Kepala Sekolah diperlukan, sehingga pengembangkan xSIA untuk tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah diterapkan sesuai spesifikasi User Experience (UX) dan Developer Experience (DX). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa bimtek pemanfaatan xSIA yang diikuti oleh Guru dilaksanakan dengan model latihan Preceptorship dan Partisipatif. sedangkan tahap peran DAPODIK dengan aplikasi digunakan model Prototyping untuk merepresentasikan secara grafis alur kerja sistem. Target luaran berupa aplikasi berbasis web xSIA untuk pelaporan data akademik siswa.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 0 times
PDF view: 1 times
     

Digital Object Identifier

  

Cite

References


N. Wahyuni, M. I. A. Jasticia, and F. M. Nugraha., “Analisis Perbandingan Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Tingkat SMK,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 1 no. 2, pp. 87-95, April 2018, e-ISSN : 2597-3827

“Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru,” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2016.

“Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformsi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit”

M. B. Wiryawan. “User Experience (Ux) Sebagai Bagian

Dari Pemikiran Desain Dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual,” https://media.neliti.com/media/publications/167462-ID-user-experience-ux-sebagai-bagian-dari-p.pdf. Akses : 10 Maret 2020.

Karpen, “Antarmuka Sebagai Media Komunikasi Dengan Sistem. Jurnal Sains dan Teknologi Informasi, “Vol. 1, No. 2, Desember 2012, Halaman : 106-110.

P. L.L.Belluano. “Pengembangan Interoperabilitas Sistem Informasi Akademik Dengan Feeder Dikti Menggunakan Teknologi Web Service,” Proceedings SNRIK Vol.1 Desember 2016, ISSN : 2443-048X.

P. L.L.Belluano. “Pengembangan Single Page Application Pada Sistem Informasi Akademik.” ILKOM Jurnal Ilmiah Vol. 10 No. 1 April 2018, p-ISSN 2087-1716, p-ISSN 2548-7779. pp. 38-43.

M. Kamil. “Model-Model Pelatihan,” Universitas Pendidikan Indonesia. 2013.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, “Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Edisi IX . Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2017.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia, “Ringkasan Panduan Sistematika Penulisan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat”. 2020.

A. Anthony. ”Introduction to Programming Languages,” Archived from the original on 8 November 2012. Akses : 29 Februari 2020.

C. Watt, A. Rossberg, J. P. Pharabod. 2019. Weakening WebAssembly, Proc. ACM Program. Lang. Vol. 3, No. OOPSLA, Article 133.

International Organization for Standardization. 2009. Ergonomics of human-system interaction - Part 210: Human-centered design for interactive systems (formerly known as 13407). ISO FDIS 9241-210:2009. Akses : 10 Maret 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.