Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Program Studi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode SMART Berbasis Web


Wa Ode Tanti(1*); Poetri Lestari Lokapitasari(2); Lilis Nur Hayati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem pendukung keputusan penentuan program studi perguruan tinggi menggunakan metode SMART berbasis web merupakan aplikasi yang dapat membantu calon mahasiswa dan siswa SMA untuk mendapatkan rekomendasi program yang tepat sesuai Nilai akademik, Minat dan Penghasilan Orang Tua studi di Universitas Muslim Indonesia. Dalam membantu menentukan rekomendasi prodi penulis menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Untuk menentukan presentase akurasi atau ketepatan dalam menganalisa jurusan yang cocok bagi calon mahasiswa baru. Metode smart memberikan nilai akhir berdasarkan range atau keputusan untuk mentukan masuk kategori yang cocok untuk pengguna sebagai rekomendasi pilihan jurusan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik blackbox pada pengujian Alpha yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi sudah berjalan dan sistem pendukung keputusan ini dapat menentukan program studi dengan menggunakan metode SMART. Dan pada pengujian beta menghasilkan persentase tertinggi dari kuesioner yaitu sebanyak 85,23% menyatakan sangat setuju dengan adanya sistem pendukung keputusan penentuan program studi perguruan tinggi berbasis web dengan pemanfaatan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini memang baik untuk diterapkan dan sesuai dengan kinerja dan kebutuhan calon mahasiswa UMI sehingga juga mempermudah calon mahasiswa untuk memperoleh rekomendasi program studi.

Keywords



  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 497 times
PDF view: 341 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i2.1069
  

Cite

References


R. Fitriawanti, I. Cholissodin, and R. K. Dewi, Klasifikasi dan Rekomendasi Jurusan Kuliah Bagi Pelajar SMA Menggunakan Algoritme Nave Bayes -WP, J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 49144922, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3129

Z. Masriah, M. M. Nursalim, and A. Fitriani, Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih, Anfusina J. Psychol., vol. 1, no. 1, pp. 6176, 2018.

W. Prabowo, M. Yusuf, and R. Setyowati, Pengambilan keputusan menentukan jurusan kuliah ditinjau dari student self efficacy dan persepsi terhadap harapan orang tua, J. Psikol. Pendidik. Dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. Dan Bimbing. Konseling, vol. 5, no. 1, pp. 4248, 2019.

D. Novianti, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Caf Menggunakan Metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda), Pros. Semin. Sains dan Teknol. FMIPA Unmul, vol. 1, no. 3, p. 464, 2016.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android, J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 3044, 2016.

T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, and M. R. A. Saf, Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA, Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.648.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.