Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan Bagi Penderita Hipertensi Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment


Masita Balla(1*); Harlinda Harlinda(2); Herdianti Darwis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penyakit hipertensi dapat menyerang siapa saja dari berbagai kelompok umur maupun kelompok sosial ekonomi. Penentuan menu makanan dibutuhkan oleh penderita hipertensi untuk keadaan yang lebih baik. Namun sebagian besar penderita hipertensi tidak terlalu memahami asupan makanan yang harus dikonsumsi dan bagaimana pola makan yang baik bagi penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan menu makanan untuk memberikan rekomendasi menu makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Dalam proses pengolahan data untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam penelitian ini menggunakan metode Wighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) yang akan melakukan proses perankingan berdasarkan kriteria dan bobotnya untuk menentukan alternatif mana yang lebih optimal untuk pemilihan menu makanan bagi penderita hipertensi. Sistem pendukung keputusan ini dibangun secara optimal dengan tingkat akurasi sebesar 100% dengan menggunakan sampel data sebanyak 40 jenis alternatif menu makanan dan tiga kriteria yaitu lemak, protein dan natrium.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Hipertensi; WASPAS

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 342 times
PDF view: 277 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i1.1085
  

Cite

References


E. Zumiati, "Latar Belakang Hipertensi," 2017. [Online]. Available: http://repository.unmuhpnk.ac.id/730/2/BAB%20I.pdf.

D. C. P. Arianie, "Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat," Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 19 Mei 2019. [Online]. Available: https://www.kemkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html.

"Hipertensi Penyakit yang Paling Banyak di Idap Masyarakat," KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA, 17 Mei 2019. [Online]. Available: https://www.kemkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html.

E. D. Marbun, L. A. Sinaga, E. R. Simajuntak, D. Siregar and J. Afriany, Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun, vol. V, no. 1, pp. 24-28, 2018.

Syafnidawaty, "MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM)," Universitas Raharja, 11 April 2020. [Online]. Available: https://raharja.ac.id/2020/04/11/multi-criteria-decision-making-mcdm/.

R. Hanifah, Perangkingan Usability Website menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys, vol. V, no. 1, pp. 7-15, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.