Perancangan Alat Pemberi Makan dan Monitoring Sisa Pakan Hewan Peliharaan


Arief Rachmansyah(1*); Ramdan Satra(2); Muh. Aliyazid Mude(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Tidak efisien dan efektifnya pemberian pakan pada kucing akan mempengaruhi pola makan hewan tersebut. Karena pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan tidak teraturnya pencernaan pada hewan kucing. Pola makan kucing ini yang menjadi faktor utama mengapa peneliti tertarik mengangkat permasalahan yang terjadi di peternakan tersebut. Untuk mengatasi masalah ini maka diciptakanlah alat yang akan membantu para pecinta hewan peliharaan. Alat ini digunakan untuk memberikan hewan peliharaan makan teratur sesuai yang kita. Peralatan yang dimaksud adalah peralatan mikrokontroler menggunakan NODEMCU ESP8266. Node MCU merupakan sebuah platform module IoT yang bersifat opensource. Terdiri dari perangkat keras berupa System on Chip ESP 8266 dari seri ESP buatan Espressif System, juga firmware yang digunakan menggunakan bahasa pemrograman scripting Lua. Ketika pemelihara lupa menyiapkan makanan untuk hewan peliharaan maka dengan alat ini akan memberi asupan makanan secara otomatis. Dalam riset ini untuk memudahkan pemilik hewan mengetahui kondisi hewan peliharaan saat bepergian, maka pemilik hewan dapat menerima informasi pada kondisi makanan melalui aplikasi Telegram. Sehingga riset ini sangat penting untuk dilakukan untuk membantu pemilik hewan peliharaan dapat pemberian makan.

Keywords


mikrokontroller;arduino;

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 323 times
PDF view: 350 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i1.1104
  

Cite

References


H. R. Safitri, Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Dan Pengganti Air Aquarium Otomatis Berbasis Arduino UNO, Jitekh, vol. 7, no. 1, pp. 2933, 2019.

A. ITVATIA, Pet and Flower House Di Bandung Utara, 2006, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/26728/

R. Devitasari and K. P. Kartika, Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Kucing Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Nodemcu Berbasis Internet of Things (Iot), ANTIVIRUS J. Ilm. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 142154, 2020.

M. Y. Efendi and J. E. Chandra, Implementasi Internet of Things Pada Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Telegram Messenger Bot Dan Nodemcu Esp 8266, Glob. J. Comput. Sci. Technol. A Hardw. Comput., vol. 19, no. 1, p. 16, 2019.

K. A. K. Wiajaya, I. K. Somawirata, and Y. Limpraptono, Rancang Bangun Alat Pemberi Makan dan Monitoring Sisa Pakan Kucing Berbasis Internet of Things ( Iot ), Semin. Has. Elektro S1 ITN Malang, 2019.

J. Arifin, L. N. Zulita, and H. Hermawansyah, Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560, J. Media Infotama, vol. 12, no. 1, pp. 8998, 2016, doi: 10.37676/jmi.v12i1.276.

U. Latifa and J. S. Saputro, Perancangan robot arm gripper berbasis arduino uno menggunakan antarmuka labview, Barometer, vol. 3, no. 2, pp. 138141, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.