Penerapan Metode Regresi Linear Pada Prediksi Penawaran dan Permintaan Obat Studi Kasus Aplikasi Point Of Sales


Andi Muhammad Adnan Rusdy(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Herman Herman(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan prediksi terhadap permintaan obat berdasarkan data penawaran obat pada apotek melalui media aplikasi Point of Sales menggunakan metode Regresi Linier. Metode Regresi Linier merupakan salah satu pendekatan statistik yang menggambarkan hubungan antara dua variabel atau lebih melalui sebuah garis lurus untuk memprediksi kemungkinan di masa depan. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel yaitu variabel penawaran yang merupakan variabel bebas (independen) dan variabel permintaan yang merupakan variabel terikat (dependen). Metode Regresi Linier ini digunakan sebagai pendekatan forecasting atau prediksi objek terkait dengan pengukuran performansi menggunakan Mean Square Error, Root Mean Square Error serta Mean Absolute Percentage Error. Data yang digunakan dalam proses prediksi ini adalah data transaksi pada apotek yang meliputi data penjualan dan data ketersediaan obat pada warehouse apotek. Data transaksi yang digunakan sebagai data sampel merupakan data transaksi apotek dalam kurun waktu 3 bulan mulai dari Januari hingga Maret 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan metode Regresi Linier berada pada nilai optimum. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan pendekatan Mean Absolute Percentage Error, Mean Squre Error dan Root Mean Square Error dan masing-masing menunjukkan hasil sebesar 4.914%, 1.065 dan 1.032 Sehingga prediksi penawaran dan permintaan obat menggunakan aplikasi Point of Sales dengan pendekatan algoritma Regresi Linier dapat diterapkan pada studi kasus penelitian ini.

Keywords


Regresi Linier; Mean Square Error; Root Mean Square Error; Mean Absolute Percentage Error; Point of Sales

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 587 times
PDF view: 921 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i2.1130
  

Cite

References


A. Ardaneswari and E. Sediyono, "Pemanfaatan Aplikasi Point of Sales Untuk Prediksi Stock Barang Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto," Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, vol. 4, no. 1, pp. 238-249, 2020.

W. Damayanti, J. and S. , "Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales pada Apotek Kamila Berbasis Web," Bina Darma Conference on Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 244-252, 2019.

P. Sulardi, T. Hendro and F. R. Umbara, "Prediksi Kebutuhan Obat Menggunakan Regresi Linier," Prosiding SNATIF, vol. 4, pp. 57-62, 2017.

M. Ngantung and A. H. Jan, "Analisis Peramalan Permintaan Obat Antibiotik Pada Apotik Edelweis Tatelu," Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. VII, no. 4, pp. 4859-4867, 2019.

I. Sungkawa and R. T. Megasari, "Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT Satriamandiri Citramulia," ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, vol. II, no. 2, pp. 636-645, 2011.

G. N. Ayuni and D. Fitrianah, "Penerapan metode Regresi Linear untuk prediksi penjualan properti pada PT XYZ," Jurnal Telematika, vol. XIV, no. 2, pp. 79-86, 2019.

H. . Y. Jayanti, "Peramalan Pendapatan Reksa Dana Dalam Setahun Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana," Jurnal FIKI, vol. VIII, no. 2, pp. 135-139, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.