Implementasi Bot Telegram Untuk Monitoring Jaringan Dengan Pendekatan Security Policy Development Life Cycle Pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Untia


Mahfuddin Mukmin(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Mardiyyah Hasnawi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kementrian Perikanan dan Kelautan UNTIA menggunakan teknologi internet untuk menunjang kegiatan mereka. Ada kalanya network administrator tidak berada di tempat untuk memonitoring jaringan, sehingga apabila terjadi masalah pada jaringan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahuinya. Agar kegiatan yang dilakukan melalui jaringan internet selalu berjalan dalam keadaan lancar, maka digunakan sebuah mekanisme monitoring jaringan untuk mengontrol jaringan internet agar tetap dalam kondisi baik. Sistem monitoring yang dapat diintregasikan dengan pengiriman notifikasi langsung ke network administrator saat perangkat mengalami gangguan melalui fitur Bot API pada Telegram Messenger, server dapat berkomunikasi dengan network administrator melalui aplikasi Telegram Messengger yang terpasang pada smartphone milik network administrator, adapun langkah-langkah menerapkan notifikasi bot telegram yaitu dengan membuat Bot melalui BotFather kemudian awali dengan /start lalu mengirim pesan untuk mendapatkan parameter Telegram ID, selanjutnya langkah yang terakhir adalah membuat script untuk mengirimkan pesan notifikasi. Hasil penelitian ini adalah Router Mikrotik dan Bot Telegram akan mendeteksi masalah pada jaringan dan memberikan notifikasi kepada administrator. Notifikasi akan dikirim dengan rata-rata waktu 6,5 detik, sedangkan notifikasi untuk Menu Bot Telegram yakni rata-rata waktu 6,8 detik.


Keywords


Monitoring; Jaringan; Notifikasi

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 522 times
PDF view: 994 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i2.1162
  

Cite

References


A. R. Patta and K. A. Muzammil, "Monitoring Jaringan Menggunakan Notifikasi Telegram Fakultas Teknik - Universitas Negeri Makasssar," in Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM 2019, Makassar, 2019.

R. Syahfitra, "Rancang Bangun Serta Memonitoring Server Menggunakan Aplikasi The Dude Dengan Notifikasi Bot Telegram Di Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi," JuPerSatek, vol. III, no. 2, pp. 634-639, 2020.

M. Jalil, Y. Salim and F. Fattah, "Simulasi Jaringan Lokal Menggunakan Sistem Kerja The Dude," BUSITI, vol. I, no. 1, pp. 6-10, 2020.

E. Astriyani, M. M. Sari and Herman, "Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web Menggunakan Notifikasi SMS Gateway (Studi Kasus: SMP Puspita Tangerang)," Journal Cerita, vol. VI, no. 1, pp. 106-116, 2020.

Y. Wijaya and Y. B. Fitriana, "Analisis Network Security Komputer Tingkat Desa Menggunakan Metode Security Policy Development Life Cycle (SPDLC)," Jurnal JAGO, vol. I, no. 2, pp. 11-21, 2021.

R. Rizki, "Perancangan Sistem Monitoring Server Dengan Menggunakan Bot Telegram Sebagai Media Notifikasi (Studi Kasus: PT WAHANA PRESTASI LOGISTIK)," Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2018.

P. P. T. Winata, I. W. A. Wijaya and I. M. Suartika, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Output dan Pencatatan Data pada Panel Surya Berbasis Mikrokontroler Arduino," SPEKTRUM, vol. III, no. 1, pp. 1-6, 2016.

R. D. Jayanto, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router Os," JATI, vol. III, no. 4, pp. 391-395, 2019.

D. O. Pradana and A. Prihanto, " Implementasi Notifikasi Menggunakan Telegram Messenger Pada Software The Dude Network Monitoring," Jurnal Manajemen Informatika, vol. 11, no. 01, pp. 65-74, 2020.

M. Jufri and Heryanto, "Peningkatan Keamanan Jaringan Wireless Dengan Menerapkan Security Policy Pada Firewall," JOISIE, vol. V, no. 2, pp. 98-108, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.