Implementasi Pendeteksi Barang pada Toko Omega Sport berbasis Arduino Dengan Sistem Bot Telegram


Muhammad Yushar Mattola(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Toko omega sport menjual berbagai macam alat olahraga seperti raket, bola besar, bola volley, bola futsal, bola takraw, baju olahraga, sepatu olahraga, barbel, dll dan juga memiliki beberapa type dan jumlah yang banyak, karena itu sering terjadi kesalahan penghitungan jumlah barang. Pada penelitian ini menggunakan Telegram sebagai aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia. Pada proses pengimputan barang pada toko omega sport masih manual sehingga penulis menciptakan suatu alat yang dapat menginput barang masuk dan barang keluar menggunakan barcode scanner. Sistem yang dapat mempermudah pemilik toko omega sport dalam penginputan barang yang berupa raket bulutangkis, bola, baju olahraga sistem pendeteksi jumlah barang berbasis arduino melalui bot telegram. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah memberikan kemudahan bagi tokoh omega sport dalam pendeteksi barang pada toko omega sport berbasis arduino dengan sistem bot telegram dan website dibuat dengan memanfaatkan barcode scanner dan menyambungkan ke arduino uno. Sistem ini berkerja dengan membaca barcode yang ada pada barang tersebut kemudian akan di kirim dan disimpan dalam database. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu toko omega sport untuk mendeteksi barang yang masuk dan keluar beserta stok barang yang tersedia.

Keywords


Tokoh Omega Sport; Arduino Uno; Pendeteksi; Waterfall

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 220 times
PDF view: 83 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i2.1196
  

Cite

References


A. Husain, D. C. Siregar, and S. H. Permadi, “Alat Penghitung Barang Secara Otomatis Menggunakan Sensor Infrared Berbasis Arduino Uno,” J. CERITA, vol. 6, no. 2, pp. 198–205, 2020, doi: 10.33050/cerita.v6i2.1160.

D. Nur’amini and R. Khair, “Otomatisasi Alat Penghitung Jumlah Spare Part berbasis Internet of Things ( IOT ) pada CV . Wira Teknik,” SANISTEK 2021, pp. 123–128, 2021.

A. Satriadi, Wahyudi, and Y. Christiyono, “Perangcangan Home Automation Berbasis NodeMcu,” Transient, vol. 8, no. 1, pp. 64–71, 2019.

Alfhatheh Mohammad, “Pemanfaatan Instant Messenger Telegram sebagai Alat Penyebaran,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 11, 2021.

Sholikah, “Aplikasi Telegram (Tele-Edukasi) dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah,” Premiere, vol. 1, no. 1, pp. 37–48, 2019.

S. M. Liusmar and R. Mukhaiyar, “Perancangan Sistem Otomasi Penggunaan Barcode Scanner Pada Trolley Berbasis Arduino Mega 2560,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 2, p. 43, 2020, doi: 10.24036/voteteknika.v8i2.109161.

Suginam, Suginam, E. S. Nasution, S. U. Lubis, and M. Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode WASPAS dan MOORA,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Inf. (SENSASI), vol. 1, no. 1, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.