Analisis Sentimen Terhadap Event Big Sale 11.11 Shopee di Media Sosial Instagram menggunakan Metode Naïve Bayes


Nurul Anizah(1*); Yulita Salim(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Banyak E-commerce yang mempromosikan produk atau event pada Instagram, hal ini tentu memudahkan penjual dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Termasuk acara yang diadakan oleh Shopee pada bulan November 2020 yaitu Event Big Sale 11.11 merupakan acara besar yang diadakan Shopee. Para pengunjung sudah bisa melihat produk yang penjual tawarkan melalui gambar tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian yang dapat menganalisa opini pengguna di Instagram dari suatu cara bagi sebuah produk Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengklasifikasi opini  pengguna terhadap Event Big Sale 11.11 Shopee yang banyak tersebut kedalam sentiment positif, negatif dan netral dengan menerapkan metode Naïve Bayes. Hasil dari penelitian dapat membantu masyarakat untuk mengambil keputusan dalam pembelian produk di Shopee. Metode Naive Bayes digunakan untuk melakukan klasifikasi opini masyarakat terhadap Event Big Sale 11.11. Karakteristik dari metode ini adalah tiap fitur atribut data dianggap independen, satu dan lainnya terpisah dan memiliki nilai sendiri. Metode ini dianggap memiliki performa yang handal dan kompetitif dalam proses pengklasfikasian karena asumsi independen atribut yang dimiliki sebuah data sangat sesuai dengan pengaplikasian di dunia nyata.


Keywords


E-commerce; Naive Bayes; Shopee

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 363 times
PDF view: 149 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i1.1309
  

Cite

References


I. N. Kabiru and P. K. Sari, “Analisa Konten Media Sosial E-commerce Pada Instagram Menggunakan Metode Sentiment Analysis Dan Lda-based Topic Modeling (studi Kasus: Shopee Indonesia),” eProceedings Manag., vol. 6, no. 1, pp. 12–19, 2019.

W. Prihatiningsih, “Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja,” Communication, vol. 8, no. 1, p. 51, 2017, doi: 10.36080/comm.v8i1.651.

Y. Puspitarani, “Sentimen Analysis terhadap Nilai Kepercayaan sebuah Online Shop di Instagram,” JITTER, vol. II, no. 1, pp. 76–81, 2015.

W. A. Luqyana, I. Cholissodin, and R. S. Perdana, “Analisis Sentimen Cyberbullying pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4704–4713, 2018.

G. B. Prasetyo, H. E. Dien, D. Afif, and R. Prasetyo, “Instagram Dan Facebook Menggunakan Metode Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” Semin. Inform. Apl. Polinema, pp. 336–340, 2020.

A. Fauzi, M. F. Akbar, and Y. F. A. Asmawan, “Sentimen Analisis Berinternet Pada Media Sosial dengan Menggunakan Algoritma Bayes,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 77–83, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.5437.

H. F. Putro, R. T. Vulandari, and W. L. Y. Saptomo, “Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Pelanggan,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.500.

E. Manalu, F. A. Sianturi, and M. R. Manalu, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Pemesanan Pada CV. Papadan Mama Pastries,” J. Mantik Penusa, vol. 1, no. 2, pp. 16–21, 2017.

A. Saleh, “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 3, pp. 207–217, 2015.

M. F. Rahman, D. Alamsah, M. I. Darmawidjadja, and I. Nurma, “Klasifikasi Untuk Diagnosa Diabetes Menggunakan Metode Bayesian Regularization Neural Network (RBNN),” J. Inform., vol. 11, no. 1, p. 36, 2017, doi: 10.26555/jifo.v11i1.a5452.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.