Aplikasi Rekapilutasi Hasil Belajar Siswa Berbasis Android pada SDIT Tunas Permata Sanana


Rukmiati Sapsuha(1*); Harlinda Harlinda(2); Nia Kurniati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sekolah Dasar Islam Teradu (SDIT) Tunas Permata Sanana merupakan salah satu satuan Pendidikan jenjang sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara. Sistem pengolahan nilai dilakukan dengan guru menuliskan nilai siswa dikertas kemudian diakhir semester disatukan dan diolah kembali menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Selain itu untuk penyampaian informasi siswa dari guru kepada orang tua siswa masih menggunakan buku kerjasama konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sebuah sistem rekap hasil belajar siswa berbasis Android yang digunakan untuk membantu guru dalam mengolah nilai siswa dan memudahkan orang tua dalam melihat informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode prototyping dikarena metode ini mengutamakan interaksi dari sisi pengembang aplikasi dengan pengguna dalam proses pembangunan sistem agar memenuhi ekspektasi pengguna. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing dengan jumlah reponden 42 menghasilkan keseluruhan aplikasi memiliki persentase tertinggi yaitu sebanyak 85% yang termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik.


Keywords


Sistem Pengolahan Nilai; Android Prototyping; Blackbox Testing

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 244 times
PDF view: 216 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i4.1428
  

Cite

References


F. R. Adawiyah, “Persepsi Guru terhadap Gaya Kepimpinan Guru Besar dan Hubungannya dengan Iklim Sekolah,” vol. 46, no. 1, pp. 15–24, 2021.

N. Ayunandita and S. D. Riskiono, “PERMODELAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING PADA MADRASAH ALIYAH ( MA ) MAMBAUL ULUM TANGGAMUS,” vol. 2, no. 2, pp. 196–204, 2021.

P. Ayu, D. Pangastuti, and D. Priantinah, “Penerapan Sistem Informasi Raport Online,” vol. 7, no. 1, pp. 1–4, 2019.

A. Sudradjat, “The Development of Student Grades Information System at SDIT Using Waterfall Model,” vol. 3, no. 2, 2019.

M. A.S, Rosa dan Shalahuddin, Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek edisi revisi. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

K. A. O. Al-husseini, B. T. Insitute, A. H. Obaid, and B. T. Insitute, “Usage of Prototyping in Software Testing,” Multi-Knowledge Electron. Compr. J. Educ. Sci. Publ., no. 14, pp. 1–15, 2018.

S. D. N. B. Sakti, C. Irawan, S. Kom, and R. Oktaviani, “APLIKASI REKAP DATA NILAI RAPOR SISWA,” vol. 8, pp. 27–35, 2021.

I. M. R. A. Surya, H. Tolle, and A. H. Brata, “Tampilan Pembangunan Aplikasi Penjualan Hasil Panen Kelompok Tani untuk Konsumen Berbasis Android dengan Metode Prototyping (Studi Kasus_ Kelompok Tani Langgeng Mandiri).pdf,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 6378–6385, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

H. Maulana and D. Enda, “Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping,” vol. 6, pp. 521–530, 2020.

Y. A. Saefudin and A. Andriani, “Prototipe Sistem Informasi Pengolahan Nilai Dengan Metode Prototype,” vol. 12, no. 1, 2020.

N. Safitri and R. Pramudita, “Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing,” vol. 3, no. 1, pp. 101–110, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.