Analisis Sistem Dalam Kegiatan Bongkar Muat Pada Terminal Peti Kemas Menggunakan Pendekatan Pieces


Arvina Yudithia Sompie(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Mengingat fungsi terminal peti kemas sangatlah penting, maka pelayanan kegiatan bongkar muat di lapangan penumpukan harus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dalam menangani pergerakan peti kemas baik ke dalam maupun keluar lapangan penumpukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah sistem berjalan telah sesuai dengan kebutuhan user serta dapat memberikan kemudahan kepada user dalam kegiatan sistem bongkar muat pada terminal peti kemas PT Pelindo Terminal Petikemas Makassar New Port. Penelitian ini menggunakan metode PIECES dengan menggunakan 6 variabel yaitu Performance, Information, Economics, Control and security, efficiency, dan Service. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata responden menjawab pada seluruh pertanyaan sebesar 3,8 dari nilai maksimal 5 yang artinya menurut responden sistem yang berjalan sudah baik. Variabel yang memiliki tingkat persentasi kepuasan yang paling rendah yaitu pada variabel Economic dengan nilai standar deviasi mencapai 1,452, variabel Service dengan nilai standar deviasi 1,141, variabel Efficiency dengan nilai standar deviasi 1,091, variabel Performance dengan standar deviasi 1,083, variabel Information dengan nilai standar deviasi 1,053 dan variabel Control dengan nilai standar deviasi mencapai 0,923. Dari 6 variabel maka yang memiliki tingkat persentasi kepuasan paling rendah yaitu variabel economics Setelah mengetahui variabel yang memiliki permasalahan pada user maka dapat dilakukan untuk perbaikan sistem dan mempertahankan pada variabel-variabel lain yang dianggap oleh responden sudah memiliki tingkat layanan yang baik.

Keywords


Sistem Bongkar Muat; Terminal Peti Kemas; Skala Likert; PIECES

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 37 times
PDF view: 4 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i4.1456
  

Cite

References


Usman, S. Harlina, dan M. O. Dadang, “Perancangan Aplikasi Tata Letak Peti Kemas Berbasis Web Menggunakan Algoritma K-Means Pada Pelabuhan IV Terminal Peti Kemas,” Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi P4M STMIK Dipanegara Makassar, vol.8, no. 1, pp. 156-168, , 2019.

E. Astriyani, F. Nasyah Putri, dan N. Eka Widianingsih, “Desain Sistem Informasi Monitoring Aset Pada PT.Arbunco Wira Pandega,” Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, vol. 6, no. 1, pp 87-99, 2020.

H. Purwanto, A. Syahra, “Evaluasi Performansi Sistem Terminal Peti Kemas Di Belawan Internasional Container Terminal PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Dengan Metode Simulasi,” Jurnal Ilmiah Jurutera, vol.6, no. 1, pp. 19-23, 2019.

Y. Nuryanti, “Kajian Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Metode PIECES Dalam Meningkatkan Kepuasan Civitas Akademika STIE-STIMIK Insan Pembangunan,” Jurnal IPSIKOM, vol. 5, no. 2, pp. 1–18, 2017.

I. Oktaviani, S. Sumarlinda, dan P. Widyaningsih, “Penerapan Metode PIECES pada Analisis Sistem Informasi Manajemen Apotek,” INFOKES, vol. 11, no.1, pp. 54-58, 2021.

A. Supriyatna, “Analisis dan Evaluasi Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan PIECES Framework,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 9, no. 1, pp. 43–52, 2015.

N. Made, D. Widiastuti, S. Hadi Wijoyo, dan A. Hendra Brata, “Analisis Kinerja Sistem Informasi Data Korporasi Jasa Raharja (DASI-JR) dengan menggunakan Metode PIECES,” Jurnal Pembangunan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vo.3, no. 8, pp. 7752-7758, 2019.

M. R. I. Matdoan, “Metode Pieces Dalam Menganalisa Sistem Informasi Manajemen Tracking Barang,” Jurnal DINAMIS, vo.17, no. 2, pp. 40-47, 2020.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, dan P. B. A. A. Putra, “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

R. N. Hidayat, L. M. Sabri, M. Awaluddin, “Analisis Desain Jaring GNSS Berdasarkan Fungsi Presisi (Studi Kasus : Titik Geoid Geometri Kota Semarang),” Jurnal Geodesi Undip, vol. 8, no. 1, pp. 48–55, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.