Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Dengan Metode Waterfall Berbasis Website
Lutviana Lutviana(1*); Irfan Arfianto(2); Taufik Fadhil Rohman(3); R. Bagus Bambang Sumantri(4); Riska Suryani(5);
(1) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
(2) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
(3) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
(4) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
(5) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
(*) Corresponding Author
AbstractSekolah menjadi sebuah sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling memengaruhi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan. Dalam pencapaian tujuannya sekolah banyak melakukan pengolahan data yang cukup kompleks dan dinamis. Pengolahan data akademik sekolah secara manual masih belum efektif karena masih banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi. Hasil perancangan Sistem Informasi Akademik menjadi solusi untuk membantu pengolahan data menjadi lebih efektif. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah salah satu metode SDLC, yaitu metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dalam tahap desain dibuat diagram ERD dan DFD. Dan digunakan pengujian Black-Box untuk pengujian perancangan sistem ini.
KeywordsSiakad; Waterfall; Website; Black-box Testing
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 901 timesPDF view: 1521 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v4i1.1550 |
Cite |
References
M. Taftiyan, I. Akbar, S. A. Wicaksono, and F. Amalia, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi pada SMK Muhammadiyah 1 Kemlagi),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 11, pp. 5048–5056, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
B. A. Adli and S. Abdullah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL STUDI KASUS SMK PLUS NUSA PUTRA,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika dan Ilmu Komputer Universitas Nusa Putra, 2022.
K. Anam, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA MI AL-MURSYIDIYYAH AL-‘ASYIROTUSSYAFI’IYYAH,” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 11, no. 2, pp. 207–217, Nov. 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.8867.
Supriyono, “Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System,” International Journal of Information System & Technology, vol. 3, pp. 227–233, 2020.
R. Bagus, B. Sumantri, W. Setiawan, and D. N. Triwibowo, “RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA JASA DESAIN LOGO DENGAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE,” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi , vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp157-163.
K. ’ Afiifah, Z. Fira Azzahra, A. D. Anggoro, D. Redaksi, R. Akhir, and D. Online, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database: Sebuah Literature Review,” JURNAL INTECH, vol. 3, no. 1, pp. 8–11, 2022.
I. Ketut Aditya Herdinata Putra, D. Pramana, N. Luh Putri Srinadi, and S. STIKOM Bali Jl Raya Puputan, “Sistem Manajemen Arsip Menggunakan Framework Laravel dan Vue.Js (Studi Kasus : BPKAD Provinsi Bali),” Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 13, pp. 97–104, 2019.
M. Susilo, R. Kurniati, and Kasmawi, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatikda dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018.
H. Dumoharis Lumbanraja, S. Tinggi, I. Ekonomi, and S. Nusantara, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SURYA NUSANTARA,” Jurnal TelKa, vol. 8, no. 2, pp. 9–18, 2018.
G. W. Sasmito, J. T. Informatika, H. Bersama, J. Mataram, N. 09, and P. Lor, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, no. 1, 2017, [Online]. Available: http://www.tegalkab.go.id,
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.