Sistem Informasi Pemetaan Kebutuhan Tenaga Kerja Guru berbasis Web menggunakan Metode K-Means


Reskyanto Rasyid(1*); Yulita Salim(2); Ramdaniah Ramdaniah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kota Makassar saat ini sedang berkembang di berbagai bidang termasuk industri, sehingga dibutuhkan banyak sumber daya manusia yang kompeten sebagai tenaga kerja tak terkecuali tenaga kerja guru. Distribusi guru masih belum merata, di samping kualitasnya yang masih rendah. Sebanyak 21% sekolah di perkotaan, 37% sekolah di pedesaan, dan 66% sekolah di daerah terpencil masih kekurangan guru. Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan pendidikan karena guru merupakan pelaksana terdepan pendidikan anak-anak di sekolah. Oleh karena itu pemerataan guru perlu dilakukan di Kota Makassar karena hampir semua kecamatan di Makassar mengalami ketidakmerataan dalam penyebaran guru, namun belum ada fasilitas untuk melakukan pencarian data tenaga kerja guru, informasi yang didapat sebagian dari teman maupun dari media sosial sehingga dibutuhkan sistem yang memberikan informasi lowongan kerja tenaga guru dengan adanya pemetaan tenaga kerja guru tersebut seseorang dapat melihat wilayah strategis dalam penyebaran informasi tenaga kerja guru sehingga memudahkan bagi para pengangguran dalam mendapatkan pekerjaan guru sesuai dengan keahlian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pemetaan kebutuhan tenaga kerja guru sehingga kebutuhan tenaga kerja guru merata di setiap SD yang ada di Kecamatan Bontoala. Metode yang digunakan adalah K-Means Clustering yang merupakan metode pengelompokkan data ke dalam dua kelompok atau lebih. Metode tersebut mempartisipasi data ke dalam suatu kelompok yang berkarakteristik sama sedangkan kelompok yang memiliki karakteristik berbeda dikelompokkan kelompok lainnya. Hasil penelitian menunjukkan hasil akurasi persentase metode adalah sebesar 70% yang menunjukkan bahwa sekolah SD Inp Layang Tingkat 2, SD Inp Layang Tua 1, SD Neg Baraya 1, SD Neg Baraya 2, SD Neg Pongtiku 1, SD Neg Pongtiku 2, SD Bambini, dan SD Kristen Ipeka termasuk ke dalam kelompok kekurangan tenaga kerja guru.

Keywords


K-Means; Tenaga Guru; Pemetaan

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 287 times
PDF view: 42 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i1.1582
  

Cite

References


Istikhomah, "Aplikasi SIG Untuk Mengetahui Data Pencari Kerja dan Pengangguran di Kabupaten Klaten," Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis, 2018.

A. Santosa, "Perancangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pendataan Tenaga Kerja Indonesia (Tki)," CORE, 2018.

B. UMY, "Distribusi Guru Tidak Merata," [Online]. Available: https://www.umy.ac.id/anies-baswedan-distribusi-guru-di-indonesia-belum-merata. [Accessed 15 Oktober 2022].

Gurunescu, "Data Mining Concept, Models and Techniques," Verlag Berlin Heidelberg, vol. 12d, 2018.

P. Eko, "Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab," ANDI, 2019.

X. W. e. al, "Top 10 algorithms in data mining," Knows Inf Systems, pp. 1-38, 2018.

A. A. Vernanda, "Penerapan Metode K-Means Clustering Untuk Pemetaan Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Malang Berbasis Website," Journal Teknik Informatika, Vols. 5-2, pp. 836-844, 2021.

T. S. Madhulatha, "An overview on clustering methods," IOSR Journal of Engineering, vol. 2 no 4, p. 719–725, 2022.

C. W. J. C. J. &. Y. D. HUNG, "An Efficient k-Means Clustering Algorithm Using Simple Partitioning," JOURNAL OF INFORMATION SCIENCE AND ENGINEERING, vol. 20 no 1, pp. 1157-77, 2019.

B. Bhoomi, "A Survey on Efficient Enhanced K-Means Clustering Algorithm," International Journal for Scientific Research & Development, vol. 1 no 9, pp. 1698-700, 2018.

N. Wakhidah, "Clustering Menggunakan K-Means Algorithm," Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.