Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Game Mobile/PC pada Anak menggunakan Metode Certainty Factor berbasis Web


Muh Rizaldi Sahari(1*); Irawati Irawati(2); Ramdaniah Ramdaniah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kecanduan game dikalangan anak Indonesia sudah menjadi fenomena yang serius. Dan jumlahnya semakin meningkat dan dampaknya terhadap kondisi fisik dan psikologis mereka tidak bias diremehkan. Seperti yang dikatakan oleh salah satu psikolog Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3APPKB) Husnar A. Z Ketika seorang anak telah kecanduan dalam bermain game akan mengalami gangguan kesehatan, seperti iritasi pada mata, pola makan tidak teratur, cemas, pola tidur tidak teratur, mudah tersinggung dan marah, emosi tidak terkontrol, Lebih mementingkan game dibanding pekerjaan lain, kurang sosialisai. Sehingga beberapa orang tua sangat resah akibat anaknya yang mulai memiliki perilaku seperti yang telah dipaparkan oleh psikolog. Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Game mobile/PC pada anak merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk membantu para orang tua dalam melakukan diagnosa kecanduan game. Penelitian ini bretujuan untuk mempermudah para orang tua khusunya di Kabupaten Soppeng serta mengimplementasikan metode Certainty Factor yang berfungsi dalam pembuatan aplikasi web pada penentuan diagnosa tingkat kecanduan yang dialami anak. Metode CF ini sangat cocok digunakan pada sistem karena ini mampu menangani ketidakpastian jawaban yang sering ditemukan yaitu ketika pakar tidak dapat mendefinisikan hubungan antara gejala dengan penyebab secara pasti, dan pasien tidak dapat merasakan suatu gejala dengan pasti sehingga pada akhirnya ditemukan banyak kemungkinan diagnosis. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diperoleh menggunakan teknik blackbox testing pada aplikasi kecanduan game pada anak diperoleh nilai indeks fungsionalitas sebesar 88%.

Keywords


Kecanduan Game; Sistem Pakar; Certainty Factor; Web

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 192 times
PDF view: 26 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i2.1588
  

Cite

References


P. Psikososial, P. Anak, and U. Sekolah, “Hubungan antara kecanduan game online dengan perkembangan psikososial pada anak usia sekolah,” vol. 002, pp. 1–11, 2019.

M. Aruna Sindhe, Y. D. Bodke, and A. Chandrashekar, “Profil Kesehatan Indonesia,” Dep. Kesehat. RI, vol. 5, no. 3, pp. 427–435, 2018.

S. R. I. Ayu Kineret, “Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online,” Aisyiyah Surakarta J. Nurs., vol. 2, pp. 9–13, 2021.

S. K. Wibisono, A. T. Wulandari, and S. Supriyatin, “Rancangan Bangun Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Ilmu Komput. dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 17–23, 2021, doi: 10.35960/ikomti.v2i1.661.

L. Ulya, S. Sucipto, and I. Fathurohman, “Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 3, pp. 1112–1119, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1347.

R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining,” Median Inform. Darma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

Yandri, “Sistem Pakar Deteksi Digital Kecenderungan Kecanduan Game pada Remaja Menggunakan Metode Forwar Chaining Berbasis Web,” Inform. Manaj. Inform. Univ. Labuhanbatu, vol. 10, no. 1, pp. 203–205, 2022.

S. N. Arief and A. N. Amin, “Sistem Pakar Diagnosa Tingkat Kecanduan Online Game Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Negeri Malang Dengan Metode Certainty Factor,” Semin. Inform. Apl. Polinema, 2020.

R. R. Girsang and H. Fahmi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Katarak Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web,” J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 11, no. 1, pp. 27–31, 2019.

M. Dahria, “Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi,” J. Saintikom, vol. 10, no. 3, pp. 199–205, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.