Penerapan Augmented reality Sebagai Sarana Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada TPA Nurul Hidayat Berbasis Android Dengan Metode Markerless
Mochammad Zulkarnaen Syamsuddin(1*); Irawati Irawati(2); Ramdaniah Ramdaniah(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPada era sekarang anak usia dini dihadapkan pada banyamk teknoligi yang ada di dunia sekitar salah satunya adalah handphone. Teknoligi ini menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran jika digunakan secara efektif dan bijak. Maka penelitian ini menerapkan augmented reality sebagai sarana pembelajaran yakni huruf hijaiyah pada TPA Nuruh Hidayat Berbasis Android dengan Metode Markerless. Metode ini merupakan pengenalan gambar paling banyak digunakan pada augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan ini bahwa sistem ini berhasil dibangun dengan menerapkan metode Markerless dan penambahan fitur suara agar lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami, serta dapat meningkatkan minat anak usia dini dalam mempelajari huruf Hijaiyah.
KeywordsMarkerless; Augmented Reality; Huruf Hijaiyah
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 244 timesPDF view: 92 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v4i1.1599 |
Cite |
References
D. K. Putra, A. P. Aldya, and R. N. Shofa, “Analisis Performa Marker 2D dan Marker 3D pada Augmented Reality,” vol. 2, no. 1, pp. 60–68, 2019.
I. Ilhamsyah, A. Kharisma, N. Y.-J. Pengembangan, and undefined 2021, “Pengembangan Aplikasi Manajemen Tugas berbasis Android (Studi pada CV. Cheleron Production),” J-Ptiik.Ub.Ac.Id, vol. 5, no. 12, pp. 5221–5227, 2021, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10208
A. D. Siang, D. S. Ustalina, and A. Syaifulloh, “Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dengan Teknologi Augmented Reality ( Ar ) Berbasis Android Pada Tk Al-Fath Kota Malang,” J. Din. Dotcom, vol. 11, pp. 65–70, 2020.
S. R. A. Abidin, P. L. L.B., and I. Irawati, “Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Media Pembelajaran Mengenal Rumah Adat Sulawesi Selatan,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 43–50, 2020, doi: 10.33096/busiti.v1i1.674..
Asdar Said, Anwar, "Penerapa Augmented Reality Sebagai Sarana Pengenalan Ligkungan Sekolah Bebasis Android Dengan Metode Marker Based Tracking", 2021.
E. P. Rusdi Purwandari and M. A. Aziz, “Berbasis Marker Augmented Reality Pada Platform Android,” Sensors have potential to capture Var. Obs. Asp. Expert Perform. Environ. which Expert performs. Some these Asp. may not be visible or obvious to Apprent. Sensors can make Invis. Asp. task, vol. II, no. September, pp. 124–134, 2016.
A. Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Elex Media Komputindo, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=HV%5C_aDwAAQBAJ
E. Yulsilviana, B. Basrie, and A. W. Saputra, “Implementasi Augmented Reality Pemasaran Rumah Pt. Rika Bersaudara Sakti Menggunakan Metode Marker Based Tracking pada Brosur Perumahan,” Sebatik, vol. 17, no. 1, pp. 11–15, 2017, doi: 10.46984/sebatik.v17i1.80.
P. C. D. Perdana, “Pengembangan Modul Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma …,” Repository.Usd.Ac.Id, 2020, [Online]. Available: https://repository.usd.ac.id/38022/2/151324016_full.pdf
Y. M. Arif, H. Khoiruddin, and D. Febiharsa, Membangun Sistem Transaksi Game Multiplayer dengan Unity 3D. Cerdas Ulet Kreatif Publisher, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=FpT6DwAAQBAJ
M. Muntahanah, R. Toyib, and M. Ansyori, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra),” Pseudocode, vol. 4, no. 1, pp. 81–89, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.1.81-89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.