Penerapan Augmented reality Sebagai Sarana Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada TPA Nurul Hidayat Berbasis Android Dengan Metode Markerless


Mochammad Zulkarnaen Syamsuddin(1*); Irawati Irawati(2); Ramdaniah Ramdaniah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pada era sekarang anak usia dini dihadapkan pada banyamk teknoligi yang ada di dunia sekitar salah satunya adalah handphone. Teknoligi ini menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran jika digunakan secara efektif dan bijak. Maka penelitian ini menerapkan augmented reality sebagai sarana pembelajaran yakni huruf hijaiyah pada TPA Nuruh Hidayat Berbasis Android dengan Metode Markerless. Metode ini merupakan pengenalan gambar paling banyak digunakan pada augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan ini bahwa sistem ini berhasil dibangun dengan menerapkan metode Markerless dan penambahan fitur suara agar lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami, serta dapat meningkatkan minat anak usia dini dalam mempelajari huruf Hijaiyah.

Keywords


Markerless; Augmented Reality; Huruf Hijaiyah

  
     

Article Metrics

Abstract view: 25 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i1.1599
  

Cite

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.