Implementasi Metode Latent Semantic Analysis pada Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web


Syahfri Alief(1*); Irawati Irawati(2); Muh. Aliyazid Mude(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Esai adalah pertanyaan yang menuntut peserta didik untuk menjawab dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan, membandingkan, memberikan alasan, dan bentuk lain yang sejenis sesuai dengan tuntutan pertanyaan dengan menggunakan kata-kata dan bahasa sendiri. Permasalahan kerap terjadi pada penilaian soal esai. Guru kadang mengalami ketidak konsistenan saat menilai soal-soal esai. Hal ini bisa terjadi ketika jumlah soal yang akan dinilai sangat banyak dan waktu untuk menyelesaikannya sangatlah sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah guru dalam membrtikan nilai pada jawaban murid yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode Latent Semantic Analysis (LSA) untuk membandingkan hubungan antar dokumen teks, menghitung bobot kata menggunakan algoritma Term Frequency - Inverse Document Frequency (TF-IDF), diukur kesamaan data jawaban antara guru dengan murid menggunakan algoritma euclidean distance. Adapun data yang digunakan terdiri dari 5 soal dengan jumlah penjawab 15 murid. Referensi pembuatan soal dari buku IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, Hasil dari penilaian otomatis jawaban murid dengan TF-IDF, LSA dan euclidian distance didapatkan nilai korelasi sebesar 84%.

Keywords


Ujian Online; Latent Semantic Analysis; Euclidean Distance

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 185 times
PDF view: 40 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i2.1639
  

Cite

References


Nodia Gustri Somahhida and Imam Makruf, “Multiple Choice Objective Test Arabic Subject: Analysis & Implementation of the Edmodo Application/ Tes Objektif Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Arab : Analisis & Implementasi pada Aplikasi Edmodo,” ATHLA J. Arab. Teaching, Linguist. Lit., vol. 3, no. 2, pp. 162–176, Dec. 2022, doi: 10.22515/athla.v3i2.5310.

S. Raupu, “Analisis Hasil Belajar Integral dengan Menggunakan Soal Pilihan Ganda dan Soal Essay (Studi Perbandingan pada Mahasiswa Semester II Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo),” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 47–58, 2017.

E. Merindasari, T. Widyaningtyas, and M. Z. Arifin, “Sistem Informasi penilaian akademik siswa kurikulum 2013 berbasis web di SMAN 1 Trenggalek,” Sesindo 2015, 2015, [Online]. Available: http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1599/SISTEM-INFORMASI-PENILAIAN-AKADEMIK-SISWA-KURIKULUM-2013-BERBASIS-WEB-DI-SMAN-1-TRENGGALEK%0Ahttp://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1599

Endah Mastuti, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Menyusun Evaluasi Hasil Belajar : Kelebihan Dan Kelemahan ‘ Tes Online ’ Untuk Mengukur Hasil Belajar Mahasiswa,” J. Penelit. Psikol., vol. 7, no. 1, pp. 10–19, 2016.

Y. F. Alfiansah, A. M. Siregar, and A. F. N. Masruriyah, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbors untuk Analisis Sentimen pada Buletin APTIKOM,” Sci. Student J. Information, Technol. Sci., vol. 3, no. 1, 2022.

D. Septiani and I. Isabela, “Analisis term frequency inverse document frequency (tf-idf) dalam temu kembali informasi pada dokumen teks,” SINTESIA J. Sist. Dan Teknol. Inf. Indones., vol. 1, no. 2, 2022.

B. O. Karo Karo, D. S. Naga, and V. C. Mawardi, “Perancangan Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Teks Dengan Menggunakan Metode Latent Semantic Analysis,” Comput. J. Comput. Sci. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, p. 1, Jul. 2020, doi: 10.24912/computatio.v4i1.7191.

L. Setyaningsih, E. Setyati, and S. Tjandra, “Klasifikasi Soal Pilihan Ganda Berbahasa Indonesia Berdasarkan Level Kognitif Puspendik Dengan Support Vector Machine,” Insa. Comtech Inf. Sci. Comput. Technol. J., vol. 6, no. 2, pp. 30–37, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/article/view/921/710

A. A. Manrang, Y. Salim, and M. A. Asis, “Rancang Bangun Aplikasi Mall Maps Berbasis Mobile Menggunakan Metode Euclidean Distance,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 3, no. 4, pp. 301–310, 2022, doi: 10.33096/busiti.v3i4.1355.

I. K. A. Mudita, D. K. N. Semara Putra, and I. W. Sujana, “KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PENGUASAAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN IPS SISWA,” Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 1, p. 36, Apr. 2019, doi: 10.23887/mi.v24i1.17408.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.