Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Backward Chaining dan Certainty Factor Berbasis Web
Nabila Vita Dewi(1*); Siska Anraeni(2); Abdul Rachman Manga(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk membantu masyrakat yang mengalami kecanduan dengan melakukan diagnosa terhadap kecanduan yang dialaminya lalu menerapkan solusi yang diberikan untuk mengatasi masalah kecanduan yang di alaminya. Dari hasil kajian dan hasil penelitian maka penulis berasumsi bahwa Pengaruh game online telah memberikan dampak positif dan negatif bagi para pemain game online. Dampak positifnya adalah memberikan kesenangan dan hiburan bagi pemain game online serta mengasah kinerja otak yang dapat menciptakan strategi bermain untuk meraih kemenangan dan skor tertinggi. Dampak negatifnya adalah banyaknya waktu yang terbuang hanya karena bermain game, kesehatan mata pemain terganggu, psikologis pemain juga terganggu, banyaknya pengeluaran biaya internet dan mempengaruhi moral pemain game seperti berbicara kasar terhadap tim atau lawan main. Perlu adanya sebuah sistem untuk masyarakat yang dapat mengukur tingkat kecanduan para pemain game online. Metode yang digunakan yaitu Backward Chaining dan Certainty Factor. Dengan adanya sistem ini maka diharapkan agar memberikan kesadaran dan edukasi terhadap tingkatan level kecanduan yang dialami. Dengan menggunakan kedua metode tersebut dalam mendiagnosa kecanduan game diharapkan sistem mampu memberikan hasil yang sesuai. KeywordsBackward Chaining; Certainty Factor; Sistem Pakar
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 804 timesPDF view: 247 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v4i2.1666 |
Cite |
References
H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
M. Mertika and D. Mariana, “Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar,” J. Educ. Rev. Res., vol. 3, no. 2, p. 99, 2020, doi: 10.26737/jerr.v3i2.2154.
S. M. C. Silalahi, “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Berbasis Web Menggunakan Metode Backward Chaining,” TeIKa, vol. 11, no. 2, pp. 175–183, 2021, doi: 10.36342/teika.v11i2.2614.
D. P. Syafrizal, A. H. Setyaningrum, and K. Hulliyah, “Penggunaan Metode Forward Chaining Pada Aplikasi Deteksi Pendingin Reaktor Serba Guna/Prsg-Batan,” J. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2015, doi: 10.15408/jti.v8i1.1943.
S. Batubara, S. Wahyuni, and E. Hariyanto, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem PakarDiagnosa Penyakit Dalam,” Semin. Nas. R., vol. 1, no. 1, pp. 81–86, 2018.
A. Latubessy and E. Wijayanti, “Model Identifikasi Kecanduan Game Menggunakan Backward Chaining,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 9–14, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.807.
I. Pendahuluan, A. Masalah, and A. Pengetahuan, “Implementasi Algoritma Certainty Factor pada sistem pakar untuk Mendeteksi Kecanduan Online Games,” vol. III, pp. 160–166, 2022.
A. Muarriful Aziz, Y. Bismo Utomo, and D. Efytra Yuliana, “Implementasi Metode Certainty Factor Berbasis Android Pada Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Smartphone,” J. Zetroem, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2022, doi: 10.36526/ztr.v4i1.1813.
M. A. Asis, P. Purnawansyah, and A. R. Manga, “Penerapan System Development Life Cycle pada Sistem Validasi Metode Analisis Sediaan Farmasi,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 3, pp. 145–149, Aug. 2020, doi: 10.33096/busiti.v1i3.883.
S. H. Mansyur, L. B. Ilmawan, R. Ramdaniah, and M. A. Asis, “Penerapan Aplikasi Ruang Informasi Pendeteksi Dini Coronavirus Disease Pada Puskesmas Berbasis Android,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 49–54, Apr. 2021, doi: 10.52436/1.jpmi.16.
Y. A. Pratama and E. Junianto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dan Saluran Kemih Dengan Metode Breadth First Search,” J. Inform., vol. 2, no. 1, 2016, doi: 10.31311/ji.v2i1.69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.