Sistem Informasi Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Menerapkan Metode Prototyping Berbasis Mobile


Bella Ariva(1*); Mardiyyah Hasnawi(2); Harlinda Harlinda(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Media informasi yang berfokus pada objek parawisata Sulawesi Tenggara belum memadai di Dinas Parawisata provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menggunakan prototyping model dan menerapkan user centered design dalam pengembangan sistem tersebut. Dalam proses pengembangan aplikasi dengan metode prototyping dan user centered design, dilakukan interaksi secara langsung kepada pengguna akhir sistem, sehingga dihasilkan rancangan aplikasi sistem informasi. Ada 10 indikator dalam evaluasi desain sistem informasi yaitu Connectivity, Simplicity, Directional, Informative, Interactivity, User Friendliness Comprehensiveness, Continuity, Personalization, Internal. Hasil penelitian berupa sistem informasi parawisata provinsi Sulawesi Tenggara sebagai media promosi objek pariwisata Sulawasi Tenggara di Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil evaluasi desain user interface dan user experience dari 10 indikator menunjukkan bahwa skor rata-rata 2.3 dengan kategori baik pada aplikasi berbasis mobile..


Keywords


sistem informasi pariwisata; media informasi; user centered design; prototyping mobile

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 151 times
PDF view: 39 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v4i2.1733
  

Cite

References


A. Prayudi, A. Yudhana, and R. Umar, “Implementasi Google Maps Pada Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Dompu Menggunakan Model Software Development Life Cycle (SDLC),” Mob. Forensics, vol. 1, no. 2, pp. 63–75, 2019, doi: 10.12928/mf.v1i2.718.

Wildan Hamdani and Suharnawi, “Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Tegal Berbasis Website,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.

H. Firdaus and D. Hidayatullah, “Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Geopark Ciletuh Menerapkan Metode User Centered Design,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 81, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3413.

A. Prayudi, R. Umar, and A. Yudhana, “Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Di Kabupaten Dompu Berbasis Website,” Semin. Nas. Inform., vol. 20, no. 18, pp. 26–30, 2018.

E. Y. Putra, A. Wahyudi, and A. Tumilaar, “Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic,” CogITo Smart J., vol. 4, no. 1, pp. 104–112, 2018, doi: 10.31154/cogito.v4i1.106.104-112.

I. alwiah Musdar and H. Arfandy, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata Sulawesi Selatan Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Prototyping,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 70–76, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i1.542.

M. Marsujitullah and M. A. Asis, “Integrasi Peta Digital pada Sistem Informasi Lahan Pertanian Kabupaten Merauke, Indonesia,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–6, Feb. 2022, doi: 10.33096/busiti.v3i1.1097.

A. A. Manrang, Y. Salim, and M. A. Asis, “Rancang Bangun Aplikasi Mall Maps Berbasis Mobile Menggunakan Metode Euclidean Distance,” Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 3, no. 4, pp. 301–310, 2022, doi: 10.33096/busiti.v3i4.1355.

M. Rifai and M. Akbar, “Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 4, pp. 197–208, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v1i4.552.

N. Rachma and I. Muhlas, “Comparison Of Waterfall And Prototyping Models In Research And Development (R&D) Methods For Android-Based Learning Application Design,” J. Inov. Inov. Teknol. Inf. dan Inform., vol. 5, no. 1, p. 36, 2022, doi: 10.32832/inova-tif.v5i1.7927.

M. I. Ghozali, A. C. Murti, and S. Muzid, “Analisis Penggunaan Metode User-Centered Design dalam Peningkatan Akseptabilitas SIMPELMAS,” Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 1200–1206, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1317.

S. Atin, S. Mutia, A. Widayanti, H. S. Yatawa, A. A. Rafdhi, and I. Afrianto, “Perancangan Sistem Informasi Bank Sampah Berbasis Website,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 7, no. 1, pp. 59–70, 2022, doi: 10.36549/ijis.v7i1.194.

D. Ayu, N. Wulandari, A. Alfin, H. Bahar, M. G. Arfananda, and H. Apriyani, “Prototyping Model in Information System Development of Al-Ruhamaa’ Bogor Yatim Center Foundation,” Pilar Nusa Mandiri J. Comput. Inf. Syst., vol. 17, no. 2, pp. 127–136, 2021.

D. Purnomo, “Model Prototyping,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2017.

A. Fikriyya and R. T. Dirgahayu, “Implementasi Prototyping dalam Perancangan Sistem Informasi Sekolah Desa Pendar Foundation Yogyakarta,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.