Perancangan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Menentukan Peminatan Jurusan di Perguruan Tinggi
Muhammad Arif Ferdian(1*); Sarwo Derta(2); Riri Okra(3); Hari Antoni Musril(4);
(1) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(2) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(3) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(4) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) untuk menentukan peminatan jurusan di perguruan tinggi (studi kasus: SMKN 3 Payakumbuh) dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development - R&D), yang diimplementasikan melalui pendekatan Rapid Application Development (RAD). Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter 4, sementara algoritma yang digunakan dalam aplikasi adalah Decision Tree. Algoritma ini dipilih karena kemampuannya yang sangat baik dalam menangani data multikelas, mengingat terdapat 7 jurusan di sekolah tersebut. Data terkait jurusan, nilai akademik, dan hobi siswa diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan kerja sama dengan guru bimbingan konseling (BK) di sekolah tersebut. Untuk menguji kelayakan aplikasi yang telah dirancang, dilakukan pengujian menggunakan standar ISO/IEC 25010, yang mencakup aspek functional suitability, compatibility, dan usability. Selain itu, dilakukan uji validitas yang meliputi uji konten dan kebahasaan. Hasil dari uji functional suitability menunjukkan nilai persentase 100%, yang mengindikasikan kualitas aplikasi tersebut sangat baik. Pada uji compatibility, hasil persentase yang diperoleh juga mencapai 100%, yang berarti kualitasnya sangat baik. Sementara itu, uji usability menunjukkan nilai persentase 81,25%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Untuk uji konten, persentase yang diperoleh sebesar 82,5%, yang juga dikategorikan sebagai sangat layak. Terakhir, uji kebahasaan menghasilkan nilai persentase 81,25%, yang juga termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji validitas tersebut kemudian dikonversikan menggunakan kriteria penentuan validitas Aiken's, dengan nilai 1,13, yang menunjukkan bahwa produk yang telah dirancang tersebut valid.
KeywordsAplikasi; Kecerdasan buatan; Perancangan; Peminatan jurusan
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 49 timesPDF view: 23 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v5i3.2444 |
Cite |
References
I. Humala, H. A. Musril, Supriadi, and R. Okra, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru di MTsN 6 Agam Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP/MySQL,” ANTHOR Educ. Learn. J, vol. 2, no. 3, pp. 345–350, 2023, doi: 10.31004/anthor.v2i3.142.
P. N. Minova, H. A. Musril, Supriadi, and R. Okra, “Perancangan Aplikasi Mobile Learning Rubel Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MTs Tabek,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov, vol. 1, no. 1, pp. 126–147, 2022.
O. Delvira and M. Anwar, “Perancangan Aplikasi Penentuan Pilihan Prodi Masuk Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Forward Chaining,” vol. 9, no. 1, 2021.
M. A. W. Nadyanto, M. V. A. Nizar, and A. D. Goenawan, “Penentuan Jurusan Kuliah Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” J. Tek. Mesin, Ind. Elektro Dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 45–51, 2022, doi: 10.55606/jtmei.v1i2.782.
R. Saidhi, S. Derta, H. A. Musril, and R. Okra, “Perancangan Aplikasi Vidtorga Pada Matapelajaran Pjok Kelas X Di Smkn 1 Ampek Angkek,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 222–246, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.1004.
D. Rianti, R. Okra, H. A. Musril, and S. Derta, “Perancangan Aplikasi E-Library Mobile Di MTsN 6 Agam,” J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 177–189, 2023, doi: 10.47080/simika.v6i2.2819.
N. A. N. R, “Pengembangan Aplikasi Kamus Istilah Desain Grafis Dan Periklanan Sebagai Media Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 2 Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2020.
N. Kusnadiyah, “Rancang Bangun Aplikasi Penetuan Jurusan Tingkat SMA Menggunakan Logika Fuzzy Berbasis Web,” 2019.
T. J. James W, Elston D, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran,” 20AD.
V. Pandra and Aswarliansyah, “Validitas Isi Instrumen Tes Matematika Siswa Kelas VII SMP Semester Ganjil,” J. Eng. Res, vol. 5, no. 2, pp. 120–128, 2023.
A. A. Nazri, “Perancangan Aplikasi Sistem Penentuan Peminatan Siswa Berdasarkan Minat dan Kemampuan Akademik Siswa Berbasis Web (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Tangerang),” 2011.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.