Evaluasi Kinerja AI Prompt dalam Proses Pembuatan Video Game pada Game Engine GDevelop


Arief Fauzan(1*); Sudirman Sudirman(2);

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan AI Prompt pada Game Engine Gdevelop. Penelitian dilakukan dengan melakukan eksperimen pada proses pembuatan sebuah video game dengan genre Platformer. Metode yang digunakan pada eksperimen yang dilakukan adalah dengan menginputkan Prompt detail, yang berisi perintah untuk membuat level game dengan kondisi tertentu, seperti genre game yang diinginkan, bentuk karakter utama, setting lokasi, objektif dalam game, dan penyediaan background musik serta efek suara pada kolom AI Prompt Gdevelop. Beberapa parameter yang dievaluasi pada penelitian ini yaitu: fungsionalitas game, kualitas Grafis, dan kualitas Audio. Dari hasil penelitian, penulis mendapati bahwa output game yang dihasilkan sudah dapat memenuhi ekspektasi penulis. Sebab jika dilihat dari sisi Fungsionalitas maupun Grafis serta Audio yang ada pada game yang dihasilkan tersebut, kualitasnya sudah cukup memadai. Namun, game yang dihasilkan oleh AI Prompt tersebut sejatinya hanya cocok untuk menjadi sebuah prototipe saja. Sebab perlu lebih banyak polesan lagi pada game yang dihasilkan tersebut agar dapat menjadi sebuah game yang menarik dan siap pakai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konfirmasi kepada khalayak umum bahwa pembuatan video game dengan memanfaatkan Generative AI, terkhusus pada Game Engine Gdevelop, belum bisa memberikan hasil yang maksimal.

Keywords


Gdevelop; Game Engine; Permainan Video; Desain Level; AI Prompt

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 12 times
PDF view: 2 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v6i2.2798
  

Cite

References


F. Fui-Hoon Nah, R. Zheng, J. Cai, K. Siau, and L. Chen, “Generative AI and ChatGPT: Applications, challenges, and AI-human collaboration,” Journal of Information Technology Case and Application Research, vol. 25, no. 3, pp. 277–304, 2023, doi: 10.1080/15228053.2023.2233814.

Niyu, D. Dwihadiah, A. Gerungan, and H. Purba, “Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia,” CoverAge Journal of Strategic Communication, vol. 14, no. 1, pp. 130–145, 2024.

C. Komara, D. Prihatna Wati, P. Syaepurrohman, I. Yatri, and K. Iba, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI) Text-To-Video Generator,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS), vol. 4, no. 2, pp. 69–79, 2025.

F. Cipta, Y. Sukmayadi, R. Milyartini, and T. I. Hardini, “Optimizing AI-Powered Music Creation Social Media to Amplify Learning Content,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 10, no. 3, p. 881, Sep. 2024, doi: 10.33394/jk.v10i3.12332.

Tommy Hari Prihartanto, Januar Ivan Halimawan, and Akkapurlaura, “PIXAI: Aplikasi Berbasis Generative AI Sebagai Alat untuk Desain Karakter Yang Efisien,” Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, vol. 7, no. 3, pp. 463–472, Nov. 2024, doi: 10.25105/jsrr.v7i3.21673.

Dadang Sudrajat, Ririt Dwiputri Permatasari, I Made Sondra Wijaya, Antonius Edy Setyawan, and Novi Rahayu, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, vol. 05, no. 2, 2023.

A. I. Noviyanti, N. E. Hidayanto, and P. R. Wijaya, “Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini,” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), vol. 7, no. 1, pp. 150–155, Dec. 2023, doi: 10.31537/jecie.v7i1.1514.

J. Lee, S.-Y. Eom, and J. Lee, “Empowering Game Designers With Generative AI,” IADIS International Journal on Computer Science and Information Systems, vol. 18, no. 2, pp. 213–230, 2023.

Wibowo T and Limanda K, “Penggunaan Naratif Dalam Video Game Sebagai Media Edukasi Isu Dunia: Studi Kasus Detroit Become Human,” Jurnal ilmiah komputer grafis, vol. 13, no. 2, pp. 1–6, 2020.

S. Öztürk, “Analyzing maintainability factors in open-source game engines: implications for game developers,” Multimed Tools Appl, 2025, doi: 10.1007/s11042-025-20899-8.

A. Maulana and R. Firmansyah, “Pembangunan Game Petualangan Platformer Ivira,” E-Prosiding Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, 2021.

B. A. Priyaungga, D. B. Aji, M. Syahroni, N. T. S. Aji, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 3, p. 150, Aug. 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.