Analisis Tren Penggunaan ChatGPT di Indonesia: Studi dengan Google Trends
Sebastianus Ristyawijaya Diaz(1*); Jessica Valencia Putri Budiman(2); Dorie Pandora Kesuma(3);
(1) Univerisitas Multi Data Palembang
(2) Univerisitas Multi Data Palembang
(3) Univerisitas Multi Data Palembang
(*) Corresponding Author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penggunaan ChatGPT di Indonesia berdasarkan data Google Trends dari Juni 2023 hingga Mei 2025. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, data dianalisis menggunakan visualisasi dan statistik numerik untuk memahami dinamika popularitas ChatGPT dibandingkan Google dalam berbagai bidang keilmuan. Hasil menunjukkan peningkatan indeks pencarian ChatGPT yang signifikan, dengan rata-rata indeks berkisar antara 48 hingga 61 tergantung bidangnya, serta puncak tertinggi mencapai 88 pada Maret 2025. Dalam kategori Ilmu Komputer, ChatGPT bahkan beberapa kali melampaui Google. Kenaikan indeks hingga lebih dari 200% dari awal periode menunjukkan perubahan perilaku pencarian digital masyarakat menuju interaksi berbasis AI. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memetakan adopsi teknologi AI di Indonesia dan menjadi dasar pengembangan kebijakan serta edukasi digital yang lebih responsif. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup potensi pemanfaatan ChatGPT dalam sistem pembelajaran adaptif dan layanan publik digital yang lebih efisien.
KeywordsChatGPT; Google Trends; Kecerdasan Buatan; Tren Digital; Analisis Data
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 81 timesPDF view: 119 times |
Digital Object Identifier![]() |
Cite |
References
A. Fauzan and S. Sudirman, “Evaluasi kinerja AI Prompt dalam proses pembuatan Video Game pada Game Engine GDevelop,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 6, no. 2, pp. 67–73, May 2025, doi: 10.33096/busiti.v6i2.2798.
M. Aridan, Irwandani, J. A. Villarama, and A. V. Dela Fuente, “Post-Launch Public Interest in DeepSeek vs. ChatGPT: A Comparative Google Trends Analysis in Indonesia and the Philippines,” Blockchain, Artificial Intelligence, and Future Research, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2025, doi: 10.70211/bafr.v1i1.166.
F. Nugraha, Syafitra, and R. Asmara, “Pemanfaatan ChatGPT Sebagai Sumber Informasi dalam Menyelesaikan Tugas Akademik (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi PII Tahun 2021),” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 8, no. 2, pp. 4561–4570, Apr. 2025.
P. H. I. A., “Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital,” EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2023.
A. Supriyono, T. Prihandono, and A. Djoko Lesmono, “Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 9, no. 2, pp. 134–152, Dec. 2024, doi: 10.24832/jpnk.v9i2.5214.
R. Putri and M. Marlini, “Perilaku Mahasiswa dalam Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran di Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi,” Jurnal Penelitian Guru Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 1177–1185, Jan. 2025, doi: 10.58578/tsaqofah.v5i1.4758.
I. Malay, F. Fahlevi, K. Nadya, R. Oktaviani Siagian, and U. Pembangunan Panca Budi, “Pemanfaatan ChatGpt dalam Dunia Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 9, no. 1, pp. 4068–4073, 2025.
R. Maharani, P. Arzuna, N. A. D. Nasution, S. Setyorini, and R. Zulpianto, “Pelatihan Penggunaan ChatGPT Sebagai Asisten Pembelajaran Bagi Mahasiswa,” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 316–327, 2025, doi: https://doi.org/10.56832/edu.v5i1.
O. F. Rizki, R. Fernandes, and R. Kartika, “Pengetahuan dan Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang),” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, vol. 3, no. 3, pp. 222–228, Sep. 2024, doi: 10.24036/nara.v3i3.218.
A. Abdian Amien and H. Kusumawati, “Optimalisasi ChatGPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Ekologi di SMAN 4 Pamekasan,” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pp. 63–76, Dec. 2024, doi: 10.19105/ghancaran.vi.17181.
I. Krismayani and F. Mafar, “Tren Pencarian Informasi Masyarakat Indonesia Menggunakan Google Search Engine,” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, vol. 10, no. 1, pp. 53–60, Jul. 2024, doi: 10.14710/lenpust.v10i1.55156.
Mariyadi, D. F. Al Asri, I. W. S. W. P. Pratama, G. B. Marthaningrum, and J. G. Siahaan, “Persepsi Mahasiswa terhadap Pemanfaatan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 13, no. 4, pp. 5423–5438, Nov. 2024.
M. F. Zulfadly, P. Lestari, and M. A. Mude, “Jadwal Kajian Islam berbasis Mobile,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 1, no. 1, pp. 36–42, 2020.
R. Firaina and D. Sulisworo, “Exploring the Usage of ChatGPT in Higher Education: Frequency and Impact on Productivity,” Buletin Edukasi Indonesia, vol. 2, no. 01, pp. 39–46, Mar. 2023, doi: 10.56741/bei.v2i01.310.
Y. N. Chandra, G. Wijayanti, C. D. Hartati, B. R. Simbolon, and I. A. Gymnastiar, “Revolusi AI dalam Pendidikan: Bagaimana ChatGPT dan Teknologi Lainnya Mengubah Metode Pengajaran di Indonesia?,” JURNAL PAPATUNG, vol. 8, no. 1, pp. 1–12, 2025.
S. A. A. Kharis, A. H. A. Zili, A. Putri, and A. Robiansyah, “Analisis Tren Minat Masyarakat Indonesia terhadap Artificial Intelligence dalam Menyongsong Society 5.0: Studi Menggunakan Google Trends,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 7, no. 4, pp. 1345–1354, Oct. 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i4.3091.
J. Hölzl, F. Keusch, and C. Sajons, “The (mis)use of Google Trends data in the social sciences - A systematic review, critique, and recommendations,” Soc Sci Res, vol. 126, Feb. 2025, doi: 10.1016/j.ssresearch.2024.103099.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.